Agar Tetap Dekat dengan Anak

238

Sudah menjadi hal yang wajar jika anak zaman now akrab dengan dunia maya dan teknologi. Untuk bisa mengikuti serta mengawasi dunia anak, tak ada salahnya jika orangtua juga akrab dengan hal tersebut. Selain bisa menjadi ibu yang kekiniaan, mengetahui topik-topik hangat yang tengah menjadi perbincangan anak di media sosial juga bisa mendekatkan hubungan Anda dengan anak.

Untuk bisa menjadi ibu zaman now yang dekat dengan anak, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

1. Update Teknologi

Ibu yang kekinian biasanya up to date teknologi. Tidak hanya memasang status ‘i love my family’ di aplikasi WhatsApp saja, Moms, tapi Anda juga mengerti cara menggunakan aplikasi media sosial lainnya yang digunakan anak. Jika Anda update dengan teknologi yang berkembang, Anda pun bisa terus mengikuti pergaulan anak lewat media sosial.

2. Open Minded

Selain menjadi ibu yang update teknologi, Anda juga harus bisa membuka pikiran dengan gaya hidup anak zaman sekarang. Ingat, Anda tidak lagi hidup di zaman Anda masih remaja, dan Anda harus terbuka dan menerima perubahan yang ada. Berikan mereka sedikit kebebasan, tapi tetap terus dipantau. Jika perilaku mereka sudah terlewat batas, jangan sungkan untuk menegurnya.

3. Ibu yang Fashionable

Mayoritas wanita biasanya suka fashion dan berbelanja. Pilihlah model baju yang sedang ngetren dan tidak ketinggalan zaman. Selain itu Anda juga bisa meminta pendapat anak atau justru meminta anak memilihkan baju yang hendak Anda beli. Selain bisa melakukan bonding time, anak Anda juga pasti senang melihat ibu yang fashionable.

4. Berteman dengan Teman Anak

Kenal dengan teman-teman anak akan membuat mereka menjadi lebih terbuka dengan Anda. Selain Anda jadi tahu lingkungan pergaulan anak, Anda juga bisa dikenal sebagai ‘mama gaul’ oleh teman-temannya. Sesekali sempatkan waktu untuk ikut jalan-jalan bersama anak dan teman-temannya. Tapi tentu kalau anak Anda tidak keberatan ya.

Tak hanya teknologi yang berkembang, pola pergaulan pun harus meningkat seiring perubahan jaman. Meskipun, beberapa hal akan tetap dipegang teguh sebagaimana prinsip. Namun, menjadi terbuka terhadap segala perubahan membawa kita lebih fleksibel dalam menjalani hidup termasuk dalam hubungan ibu dan anak.*