Baldes Paberasan Mirip Gedung Putih AS

157

Keberadaan dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) semakin memberdayakan desa. Simak saja Balai Desa (Baldes) Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep yang segera difungsikan, tampak megah. Bahkan ada yang menyebut balai desa tersebut merupakan satu-satunya yang mirip Gedung Putih (White House), yakni istana kepresidenan Amerika Serikat.

Pembangunan balai desa itu dilaksanakan secara bertahap hingga akhirnya rampung 100 persen. Kepala Desa (Kades) atau Klebun Paberasan, Rahman Saleh, mengaku bangga bisa mewujudkan balai putih. Ini dimaksudkan agar warga desanya lebih merasa memiliki dan ikut menjaga serta memelihara pusat administrasi desa tersebut.

“Bahkan, para petugas atau pegawai di balai desa akan semakin semangat dan kerasan dalam melayani masyarakat dengan berbagai keperluan administrasi,” ujar Rahman Saleh.

Saleh mengaku bangga karena bersamaan dengan peresmian gedung sekolah TK/PAUD yang dianggarkan dari dana desa (DD) tahun 2018 ini sempat dikunjungi Ketua Satgas Dana Desa, Dr Bibit Samat Riyanto MM, PhD, yang saat itu kebetulan ada kegiatan di Sumenep kala itu.

Menurutnya, orang nomor satu di Satgas Dana Desa ini tentunya bisa melihat secara langsung pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan di Desa Paberasan. Hingga sempat mengabadikan foto bersama di depan Balai Putih tersebut.

“Semoga kunjungan Pak Bibit saat itu juga menjadi motivasi bagi kami untuk semakin semangat membangun desa dengan amanah dan kebersamaan dengan masyarakat,” ujarnya. (ume)