Batik Khas Kampung Pesilat Warnai Fashion Show

284

Gelar Pameran Kriya Dekranasda dan Batik Bordir & Aksesoris Fair Jawa Timur 2020, 4-8 Maret, sekaligus guna memeringati HUT Dekranas juga diwarnai fashion show.

Pameran difokuskan pada produk kerajinan tangan atau kriya seperti kerajinan batik, bordir dan aksesoris. Usai pembukaan (4/3), digelar fashion show yang diikuti oleh Ketua Dekranasda Kab/Kota se-Jatim.

Ketua Dekranasda Kabupaten Madiun, Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami, mengikuti fashion show dengan memamerkan Batik Khas Kampung Pesilat. Batik tersebut dibuat oleh perajin Batik Demung asal Desa Bangunsari, Kecamatan Madiun.

Penta Lianawati mengatakan, Dekranasda Kabupaten Madiun selalu mendukung produk-produk kerajinan di Kabupaten Madiun. “Kita bawa produk-produk mereka dan kita pamerkan di setiap even-even pameran seperti ini. Kita juga selalu memberikan bimbingan dan pelatihan agar mereka bersemangat dan selalu berinovasi, berkembang, dan akhirnya mandiri,” ujarnya.

Baca Juga  Lumajang Pamerkan Batik Bercorak Khas Daerah Setempat

Sedangkan Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, mengatakan, pameran kriya ini merupakan pembinaan dari hulu ke hilir Dekranasda Jawa Timur untuk promosi. Promosi bisa dilakukan berbagai cara, yakni melalui media online, digital promosi, dan pameran konvensional seperti pameran kriya.

“Kita memiliki fasilitas pelatihan yang lengkap dan jangan takut akan tergerus pesaing. Kita memiliki potensi geografis yang sangat strategis, sehingga sudah tidak ada lagi yang kesulitan menggunakan teknologi, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Dengan pameran kriya ini, diharapkan ada pembeli yang besar-besar,” ujarnya. (*)