Begini Respon Arumi Ketika Hadiri Festival Ramadan 2019 di Lumajang

45
Bupati Kabupaten Lumajang H. Thoriqul Haq bersama Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Emil Dardak ketika dalam acara Festival Ramadan 2019. Foto : istimewa.

Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar Festival Ramadan 2019, Kamis (16/5). Acara yang dihelat di sekitar Alun-Alun Kab, Lumajang tersebut memantik animo masyarakat. Terbukti, dalam pelaksanaannya tampak produk-produk unggulan hingga sembako murah yang dijual dalam bentuk Bazar Ramadan.

Secara khusus pula, Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Emil Dardak berkesempatan menghadiri perhelatan tersebut. Ia mengatakan, apa yang tengah dilakukan Pemkab Lumajang adalah langkah positif. Pasalnya, dalam kesempatan itu turut pula dikenalkan produk UMKM, produk unggulan pangan dan non-pangan, yang selama ini menjadi prioritas utama Pemkab Lumajang.

“Kita sangat apresiasi cita-cita Bapak Bupati Lumajang yang ingin menjadikan masyarakat Lumajang lebih sejahtera,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya agenda tersebut turut memberi sumbangsih bagi masyarakat, terutama di bidang kebutuhan pokok. Pasalnya, di momen bulan Ramadan, masyarakat sangat bergantung dengan pangan dan sembako.

“Lewat Festival Ramadan yang di dalamnya terdapat Bazar Ramadan, dapat memberikan opsi-opsi murah kepada masyarakat khususnya pada sejumlah harga kebutuhan pangan, terutama harga sembako,” terangnya istri Wagub Emil Dardak itu.

Khusus mengenai acara, Arumi mengatakan agenda tersebut memiliki muatan materi penting. Di antaranya, ada Kompetisi Hadrah (Piala Gubernur) dan musik patrol (Piala Kapolda Jatim), Bazar Ramadan, pesantren expo 4, layanan poskestren, tausiyah dan buka bersama.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan acara. Menurutnya pemilihan Lumajang sebagai tempat penyelenggara dirasa tepat, sebab saat ini kabupaten tersebut terus berbenah.

Sehingga, pihaknya berkomitmen di setiap kegiatan di manapun pun berada, berbagai produk asli Lumajang harus ditampilkan. Hal itu meliputi produk hasil pertanian, juga produk olahan.

“Kita akan meningkatkan produknya, terutama pisang agung dan pisang mas kirana dengan kualitas yang sangat diunggulkan. Selain itu, Lumajang punya jeruk, manggis, alpukat, salak, dan durian. Keunggulan ini akan kami optimalkan akan ditingkatkan sehingga menjadi kebanggan masyarakat,” paparnya.

Ke depan, ia mengaku, ingin berkolaborasi dan mendapat intervensi Pemprov Jatim. Itu supaya pasar dan permintaan bisa terus meningkat, sehingga dapat menyejahterakan masyarakatnya. (rid, hms)