Bek Persebaya Otavio Dutra Resmi WNI

92
Otavio Dutra (berpeci) usai diambil sumpah

Bek tim Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kanwil Kemenkumham Jatim memenuhi janji dengan memberikan pelayanan yang cepat dan berintegritas.

Pada Jumat (27/9) Dutra yang juga diplot masuk Timnas Indonesia diambil sumpah/janji setianya sebagai WNI. Artinya hanya selang sehari usai kedua belah pihak berkoordinasi. Dutra sebelumnya berharap pelantikannya bisa segera diwujudkan, agar bisa tampil membela timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Saya masih seperti sedang bermimpi, akhirnya kenyataan bisa menjadi WNI,” ujarnya. Dutra mengaku sudah 10 tahun berusaha mendapatkan status WNI dan membela timnas dan baru kali ini bisa menjadi kenyataan. Saat diambil sumpahnya oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati, dia pun bersemangat dan lancar.

Dia mengaku sempat nervous, bahkan ketika diambil sumpah lebih berat daripada bermain sepakbola di depan 70 ribu penonton. “Terima kasih atas support semua pihak, termasuk warga Surabaya, khususnya Bonekmania,” ujarnya.

Susy mengatakan, pengangkatan Dutra sebagai WNI termasuk spesial. Karena dia diangkat dengan alasan dibutuhkan negara sesuai pasal 20 UU No. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia. “Tentunya setelah memperoleh pertimbangan DPR RI,” ujarnya.

Pihaknya memperoleh surat dari Setneg baru 2-3 hari yang lalu. Namun, karena pertimbangan pemanggilan untuk membela Indonesia, maka pada 27 September 2019,  pihaknya mengambil sumpah/ janji setia.

Susy mengingatkan, saat ini Dutra merupakan bagian dari sekitar 250 juta rakyat Indonesia, yang haus akan prestasi internasional. Juga menjadi warga Surabaya yang terbiasa dengan penghargaan level dunia. Oleh karena itu, Susy berpesan agar Dutra berjuang maksimal, sekuat tenaga dan cerdas dalam bidang yang dikuasai. (*)