Berjemur Pagi Tangkal Virus Corona

48

Berjemur di bawah sinar matahari pagi hari bakal mampu menangkal virus corona atau Covid-19. Hal itulah yang disarankan Bupati Lumajang.

Aparatur dan masyarakat di Kabupaten Lumajang diajak menyempatkan diri berjemur pagi di bawah sinar matahari selama lima belas menit. Itu sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

“Saya bersama Wakil Bupati mengajak teman-teman perangkat daerah berjemur, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, kita harus tetap menjaga kesehatan, mencuci tangan dan hidup bersih. Hal itu menjadi dasar menangkal virus corona atau Covid-19 dan tetap bekerja dengan cara yang sehat,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang akrab disapa Cak Thoriq, saat berjemur bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah, di halaman Kantor Bupati Lumajang, Selasa (24/3).

Cak Thoriq menyampaikan, selama ini pihaknya juga melakukan berbagai upaya preventif guna mencegah penyebaran virus corona di Lumajang, seperti menangani orang dalam pantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca Juga  Jalan Protokol Kabupaten Jombang Disemprot Disinfektan

“Kami juga gencar mengedukasi masyarakat dengan upaya pencegahan, seperti membuat cairan disinfektan secara mandiri, berbagi tips menjaga kesehatan diri. Sekarang kami juga mengajak masyarakat rutin melakukan kegiatan berjemur selama kurang lebih 15 menit untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami,” katanya.

Wakil Bupati Indah Amperawati (Bunda Indah) menambahkan, kegiatan berjemur ini merupakan salah satu langkah edukasi buat masyarakat, terutama untuk para pekerja yang lebih banyak di kantor.

Sedangkan, banyak masyarakat yang bekerja sebagai petani maupun pedagang yang setiap harinya terbiasa terkena sinar matahari ketahanan tubuhnya luar biasa. Tetapi untuk para pekerja yang setiap hari di kantor diharapkan dapat meluangkan waktu antara jam delapan sampai jam 10 untuk berjemur, karena itu salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh.

“Ayo bersatu melawan virus corona, jaga diri, jaga kebersihan, cuci tangan sesering mungkin, memanfaatkan sinar matahari untuk berjemur yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan,” imbuhnya. (*)