BKKBN Jatim Evaluasi Kinerja PPNPN

95

Setiap tahun Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur melakukan evaluasi kinerja bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). Tahun ini, evaluasi kinerja PPNPN dilaksanakan pada Rabu (18/12/2019) di Ruang Libi 2 Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 51 PPNPN mengikuti uji kompetensi yang meliputi tes IQ, tes tulis, dan wawancara.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Yenrizal Makmur mengatakan, evaluasi kinerja bagi PPNPN ini merupakan sebagai upaya dalam mengimplementasikan prinsip transparansi dan akuntabilitas pada penerapan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.”Untuk itu evaluasi kinerja bagi PPNPN wajib diterapkan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur,’’ ujarnya.

Dia berharap hasil uji kompetensi PPNPN ini menjadi tolok ukur untuk mengevaluasi kinerja selama tahun 2019. Selain itu juga dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan kinerja pada tahun 2020 agar lebih bertanggung jawab, produktif, efektif, efisien dan akuntabel.

“Kami mengevaluasi kinerja PPNPN selama satu tahun. Jika dinilai baik maka akan kita teruskan dan jika tidak maka akan kita hentikan,’’ tegasnya.

Pejabat nomor wahid di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur ini meminta kepada 51 PPNPN harus mengerjakan tahapan tes kompetensi dengan serius, teliti dan bersungguh-sungguh. Menurutnya, BKKBN Jatim akan mengambil 46 PPNPN yang dinyatakan lulus sebagai pengemudi, pramubakti, dan tenaga keamanan yang tersebar di lingkungan Kantor, Latbang, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan Diklat KKB Malang dan Jember.

“Jadi tidak semua peserta tes ini kita terima, akan tetapi kita sesuaikan dengan jumlah kuota dan hasil tesnya,’’ ujarnya. (uul)