BKKBN Jatim Gelar JAK GenRe di Pasuruan

61

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kantor Wilayah Jawa Timur menggelar Jambore dan Ajang Kreativitas (JAK) Generasi Berencana (GenRe) di Pasuruan, 25-27 Februari 2020.

Yuyun Evriana di kantornya

“Kegiatan ini untuk menyukseskan salah satu program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang juga menjadi salah satu nawacita dari Presiden Joko Widodo dalam menggerakkan kembali program keluarga berencana,” ujar Kasubbid Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Jatim, Yuyun Evriana, Senin (24/2).

Menurut dia, kegiatan ini digelar dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini. Program GenRe merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

“Dengan begitu mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” kata Yuyun.

Baca Juga  Berburu Street Food Thailand di MBK Bangkok

Program GenRe, kata dia, merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program ini untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza.

”Guna mencapai tujuan itu, maka di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi di antaranya adalah Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga,” tuturnya.

Program ini diharapkan meningkatkan jumlah remaja yang mampu menyiapkan diri dalam perencanaan kehidupan berkeluarga dan program pembangunan keluarga. (*)