BPBD Probolinggo Sosialisasi Kesiapsiagaan

109
Kegiatan warga dalam renovasi dam di Desa Lambang Kuning

Selama dua hari, 2-3 September 20919, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, menggelar sosialisasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Acara yang dimaksudkan sebagai upaya melaksanakan mitigasi structural itu berlangsung di Desa Lambang Kuning, Kecamatan Lumbang.

Bahkan kegiatan itu dilakukan oleh masyarakat Desa Lambang Kuning sebagai embrio komunitas relawan bencana di desa tersebut. Langkah berikutnya setelah ada komunitas relawan di desa tersebut akan dibentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

“Pemahaman mitigasi struktural adalah upaya mengurangi kerentanan terhadap bencana dengan cara rekayasa teknis bangunan tahan bencana. Ini dilakukan oleh dan untuk masyarakat yang hidup di sekitar daerah rawan bencana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kab Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Menurut Anggit, kegiatan mitigasi bencana di Desa Lambang Kuning ini dilakukan berupa rehabilitasi dam penampungan air. Dam yang semula tidak berfungsi dilakukan rehabilitasi sehingga bisa dioptimalkan pemanfaatannya, dan diharapkan dapat bermanfaat lain.

“Misalnya pada sektor perekonomian maupun pertanian, perikanan dan pariwisata lokal,” kata dia. Kegiatan diawali dengan pembuatan dinding/dam penahan serta penggalian sedementasi untuk nguruk dinding/dam penahan air. (*)