BPD Juga Berperan Cegah Stunting

201
Bupati Kediri ketika melantik anggota BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga berperan dalam mencegah terjadinya stunting di tingkat desa. Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno menyelipkan pesan itu saat melantik anggota BPD se-Kabupaten Kediri.

Pelantikan itu berlangsung pada Selasa (17/9) lalu di halaman belakang Kantor Pemkab Kediri. Terdapat 2.803 orang anggota BPD dari 343 desa di 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri.

Bupati berpesan untuk ikut menyukseskan program pemerintah yang sedang digalakkan, yaitu pencegahan stunting dengan memperhatikan asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama anak.

“Saya menegaskan untuk memberikan kebutuhan ASI eksklusif hingga usia 2 tahun. Ini betul-betul saya titip karena ASI eksklusif berpengaruh pada pertumbuhan anak,” ujarnya.

Seluruh anggota BPD tersebut akan melaksanakan tugasnya hingga enam tahun ke depan. Hadir pada acara ini Plt. Kepala DPMPD Kab. Kediri, Drs D Sampurno MM, Muspika, Camat, Danramil, Kapolsek serta kepala desa se-Kabupaten Kediri.

Baca Juga  Pameran Buah dan Festival Nanas di Sugihwaras

Bupati dr Hj Haryanti Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada anggota BPD periode sebelumnya yang membantu penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan serta pemberdayaan masyarakat, khususnya di tingkat desa.

Dia juga mengucapkan selamat kepada anggota BPD yang baru. “Saya berharap anggota BPD mengetahui dan mempelajari hak-hak dan kewajibannya, sebagai dasar dalam melaksanakan pekerjaan dan tugas sebaik-baiknya. BPD juga memiliki kewajiban dan kewenangan yang sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ucap Bupati.

Setiap tahun para anggota BPD yang terpilih juga wajib melaporkan kinerja dalam forum musyawarah desa, sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan tugas BPD kepada masyarakat desa. (*)