Bude Karwo Minta DWP Jadi Teman Diskusi yang Baik untuk Suami

117
Bude Karwo memotong tumpeng dalam acara resepsi peringatan HUT DWP Prov Jatim ke-19

Ada banyak harapan yang dipanjatkan untuk DWP (Dharma Wanita Persatuan) di hari ulang tahunnya yang ke-19. Salah satunya adalah harapan yang disampaikan Penasihat DWP Provinsi Jatim, Bude Karwo.

Dalam resepsi peringatan HUT DWP ke-19 yang digelar di ruang Hayam Wuruk, kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Rabu (12/12), Bude Karwo meminta para anggota DWP untuk menjadi teman diskusi yang baik untuk suami, namun tidak mengintervensi dalam kedinasan.

Menurutnya hal itu penting dilakukan. Bude Karwo menjelaskan, saat ini manajemen ASN menuntut profesionalitas dan integritas. Dengan demikian, etika birokrasi sangat dibutuhkan, sebab saat kenaikan pangkat akan dilakukan uji kompetensi terlebih dulu.

“Sebelum mendapat jabatan tinggi pratama, akan dilakukan seleksi secara terbuka dan membutuhkan profesionalitas tinggi dari tiap-tiap ASN,” urai Bude Karwo yang juga selaku Ketua TP PKK Prov Jatim.

Bude Karwo, Ning Fatma Saifullah Yusuf, dan Ketua DWP Prov Jatim memberikan penghargaan kepada DWP berprestasi di acara HUT Ke-19 DWP

Dalam acara yang dihadiri anggota DWP dan organisasi wanita lain di Jatim itu, Bude Karwo berharap Rencana Strategi (Renstra) DWP Tahun 2015 – 2019 yang menjadi acuan penyusunan program kerja bisa segera terwujud. Apalagi, berdasarkan tahapan dalam roadmap DWP, tahun 2018 merupakan tahun optimalisasi program kerja.

Dia mengatakan, program-program yang diprioritaskan DWP juga harus sesuai dengan hasil Rakernas DWP Tahun 2017. Program tersebut mencakup empat hal. Di antaranya adalah meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota dan pengurus DWP dalam segala bidang, serta pembinaan pendidikan keluarga di lingkungan DWP dan masyarakat.

“Lewat program-program ini, diharapkan DWP sebagai mitra strategis pemerintah akan ikut berkontribusi dalam pembangunan nasional,” harap Bude Karwo.

Sementara itu, Ketua DWP Prov. Jatim Dra Gardjati Heru Tjahjono menyampaikan, DWP sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun istri pegawai ASN patut bersyukur karena DWP telah menjadi organisasi perempuan yang besar. Namun demikian, masih banyak yang harus ditingkatkan untuk mencapai tujuan DWP.

Dalam melaksanakan tahapan optimalisasi program kerja, DWP harus melaksanakan program prioritas hasil rakernas DWP 2017. Selain itu, juga meningkatkan program kemitraan dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan untuk mengambil peran dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah untuk rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka HUT DWP ke-19. Di antaranya, lomba puding art di tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta lomba menulis esai.

Turut hadir Penasihat DWP Prov Jatim Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf, Sekdaprov Jatim Dr Heru Tjahjono, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Bhayangkari Polda Jatim, mantan Ketua DWP Prov. Jatim Hj. Purmiasih Rasiyo, pengurus DWP kabupaten/kota se Jatim, serta beberapa pejabat di lingkup Prov. Jatim. (uul, hms)