Buka Pameran UPPKS, Arumi Tekankan Penguatan Ekonomi dari Keluarga

92
Arumi membuka pameran UPPKS didampingi Wakil Ketua TP PKK Kab. Mojokerto, Inspektur Utama BKKBN, dan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim. Foto: Ulviyatun Ni'mah/derapdesa.id

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi tahun 2019 juga dirangkai dengan pameran produk unggulan UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera). Setiap kabupaten/kota di Jatim menampilkan produk unggulan yang diproduksi UPPKS di wilayah masing-masing.

Pameran produk unggulan UPPKS tersebut dibuka Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Dardak Minggu (30/6) siang, dengan didampingi Inspektur Utama BKKBN Drs Agus Sukiswo Ak MM, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim H Yenrizal Makmur SP MM, dan Waki Ketua TP PKK Kab. Mojokerto. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di GOR Gajah Mada Mojosari, Kab. Mojokerto itu, terdapat 42 stan pameran yang memamerkan berbagai produk. Mulai dari produk makanan-minuman, handycraft, kriya, garmen, dan lain-lain.

Sebagai Ketua TP PKK sekaligus Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah), Arumi sangat mendukung acara ini. Menurutnya, UPPKS menjadi salah satu sarana untuk menguatkan ekonomi bangsa yang dimulai dari keluarga.

“Bayangkan kekuatan ekonomi kita kalau keluarga-keluarga punya usaha produktif,” ujarnya.

Istri Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak ini juga membagikan pengalamannya saat berkunjung ke Jepang untuk mendampingi suami menghadiri kegiatan KTT G-20. Saat di Jepang, Arumi mengunjungi daerah Sakai yang berjarak sekitar satu jam dari Osaka. Sakai merupakan sentra penghasil pisau yang ada di Jepang. Bahkan, hampir 95 persen pisau di Jepang berasal dari daerah ini.

Menariknya, pisau-pisau tersebut diproduksi di pabrik rumahan. Usaha pembuatan pisau itu diturunkan secara turun-temurun dalam keluarga dan telah berusia 215 tahun. Saat ini usaha tersebut dikelola generasi ketujuh.

“Dari situ kita melihat bahwa usaha kecil yang berasal dari rumah jika dilakukan serius, maka bisa mencapai produksi barang yang baik pula,” tutur Arumi.

Oleh karena itu, Arumi meminta agar pelaku usaha rumahan tidak berkecil hati dan terus bersemangat untuk mengembangkan usahanya. “Keluarga yang berpondasi baik akan memberi harapan panjang kepada keturunannya,” imbuhnya. (uul)