BUMDes Maju Makmur, Ubah Desa Tertinggal Jadi Juara Nasional

616

Siapa sangka peran BUMDes Maju Makmur bisa mengubah Desa Minggirsari Kec. Kanigoro Kabupaten Blitar dari predikat desa tertinggal menjadi sejahtera. Bahkan peran besarnya menjadi lokomotif perekonomian desa juga membuat BUMDes tersebut menjadi juara Nasional. Seperti apa kiprahnya?

Mendapat predikat desa tertinggal tidak membuat masyarakat Desa Minggirsari terus menundukkan kepala dan merasa lebih rendah dari desa lain. Predikat tersebut justru menjadi cambuk masyarakat desa untuk berkiprah bersama memperbaiki status tersebut. Keseriusan masyarakat merubah status tertinggal tersebut dibuktikan dengan diterimanya tawaran membuat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

BUMDes tersebut dibentuk dengan tujuan utama untuk meningkatkan perekonomian Desa. Dalam mengimplementasikan tujuan tersebut sesuai dengan potensi ekonomi desa yang ada, maka BUMDes Maju Makmur membentuk dua jenis usaha. Diantaranya adalah Unit Simpan Pinjam (USP) dan Usaha Sektro Riil (USR).

Selain itu seiring dengan perkembangan BUMDes yang semain pesat. Pengurus BUMDes kini telah membuka 13 unit usaha. Diantara unit usaha tersebut yang menjadi unggulan adalah usaha saprotan dan obat-obatan, konveksi dan juga batako. Usaha konveksi berjalan sesuai order.

“Alhamdulillah prospek unit usaha kami bagus dan juga bisa menyerap tenaga kerja banyak sehingga memudahkan masyarakat mencari pekerjaan,” tutur Haryanto.

Keseriusan pengurus BUMDes dalam mengelola BUMDes telah mengangkat harkat dan martabat desa. Lokomotif kemadirian ekonomi berjalan dengan stabil dan masyarakat juga menjadi semakin sejahtera. Berkah keseriusan pengelolaan tersebut tak berhenti disana saja. BUMDes Maju Makmur juga berhasil menjadi BUMDes juara di tingkat Provinsi Jatim sebagai juara I tahun 2014.

Selain itu di tahun 2016, kesuksesan yang sama kembali diraihnya yaitu sebagai juara I tingkat Jatim. Ditahun yang sama BUMDes tersebut menjadi perwakilan Provinsi Jatim untuk mengikuti lomba BUMDes tingkat Nasional. Hasil lomba tersebut BUMDes Maju Makmur menyabet Juara Nasional Kategori Rintisan Eco Agriculture tahun 2016.

“Yang kami raih itu cuman bonus, tujuan utamanya ya untuk masyarakat. Tapi sejujurnya kami sangat bersyukur dengan yang kami raih. Hal itu tak lepas dari dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat Desa Minggirsari. Mulai dari kelompok masyarakat hingga pemerintah desa semuanya support. Partisipasi tersebut justru menjadi kunci kesuksesan kami,” tutur ketua BUMDes Maju Makmur.

Bersamaan dengan kemenangan tersebut, BUMDes Maju Makmur ditunjuk sebagai pilot project atau percontohan BUMDes di Jawa Timur dan juga sebagai tempat study banding dari kabupaten lain di Jatim serta luar Provinsi terutama kawasan Indonesia Timur. (rni).