Calon Investor Pembangunan Kereta Gantung di TNBTS Sudah Ada

67

Calon investor pembangunan kereta gantung di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dipastikan sudah ada. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan, “Calon investor untuk Bromo sudah ada,” katanya.

Usai menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Taman Rekreasi Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Selasa (18/2), Gubernur Jatim, menyebutkan, koordinator pengembangan kawasan TNBTS ada di Kementerian Pariwisata.

Sedangkan yang menyiapkan roadmap pengembangan ada di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Saya sudah bertemu keduanya, baik pihak Kementerian Pariwisata dan Bappenas untuk membahas rencana pembangunan kereta gantung,” tuturnya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga mengaku, telah bertemu dengan tokoh adat Suku Tengger serta pelaku wisata di kawasan TNBTS. Dalam pertemuan itu, mereka mengusulkan supaya kereta gantung dibangun dari kawasan B29, menuju kawasan B30, hingga ke titik Seruni di Bromo.

Baca Juga  Semangat Kesetiakawanan Sosial Dasar Gotong Royong

“Mereka menyampaikan kalau nanti ada semacam cable car, yang mereka usulkan dari B29 ke B30, baru kemudian ke Seruni di Bromo,” kata Gubernur Khofifah.

Meski demikian, rencana pembangunan kereta gantung itu tetap akan dikoordinasikan dengan pemerintah di daerah penyanggah. Seperti Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. (*)