Chatuchak Weekend Market, Pasar Terbesar di Thailand

33

Salah satu wisata belanja di Thailand yang wajib dikunjungi turis adalah Chatuchak Weekend Market. Menurut cerita Arun, warga Thailand yang berprofesi sebagai pemandu wisata, nama Chatuchak diambil dari suara kaki kuda. Konon, dulu di daerah ini ada banyak kuda.

Pasar tradisional terbesar di Thailand ini buka setiap akhir pekan. Ada sekitar 8 ribu kios penjual yang terbagi di 27 area. Karena lokasinya yang berada di luar ruangan, disarankan untuk memakai topi dan kacamata. Hindari memakai sepatu berhak tinggi ketika berjalan-jalan di pasar ini.

Pasar yang berlokasi di Jalan Kamphaeng Phet 3, Distrik Chatuchak, Bangkok ini sangat luas. Saking luasnya, tidak sedikit pengunjung yang tersesat di sini. Untuk mengantisipasi pengunjung tersesat atau kebingungan, di pintu masuk utama terdapat pos informasi yang menyediakan peta pasar untuk pengunjung. Tersedia pula aplikasi Chatuchak Guide yang bisa diunduh melalui App Store atau Google Play. Aplikasi ini memberikan panduan pengunjung agar tidak kebingungan mencari kios barang yang diinginkan.

Ada berbagai barang yang dijual di sini. Mulai dari makanan-minuman, pakaian, keramik, aksesoris, handicraft, elektronik, kosmetik, buku, barang antik, home decoration, tanaman, benda seni, hingga binatang. Untuk mendapatkan harga yang cocok, jangan sungkan untuk menawar.

Dari beberapa barang tersebut, area makanan dan minuman terbilang paling ramai. Ada bermacam-macam makanan yang dijual. Dari makanan berat, makanan ringan, sampai buah-buahan khas Thailand. Minumannya juga beraneka macam. Mulai es krim kelapa, es kelapa muda, jus buah, kopi, dan lain-lain.

Minuman pelepas dahaga. (foto: Ulviyatun Ni’mah/derapdesa.id)

Di samping Chatuchak, terdapat JJ mall. Seperti mall pada umumnya, JJ mall juga menjual aneka kebutuhan. Tempat ini menjadi alternatif jika Anda enggan belanja panas-panasan di Chatuchak Weekend Market. Bagi pengunjung yang muslim, JJ mall menyediakan musala dan gerai makanan halal.