Dekranasda Bertekad Kembangkan Kerajinan Berbasis Nilai Budaya

303

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur bertekad memantapkan fungsinya yakni membantu pemerintah dalam menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya demi kesejahteraan para perajin.

Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak saat menghadiri peringatan HUT ke-40 Dekranas 2020 oleh Dekranasda Jawa Timur di Surabaya (3/3) mengatakan, Dekranasda Jawa Timur diharapkan juga mampu menjadi ujung tombak dalam memenuhi tuntutan pasar global dan mempertahankan jatidiri bangsa.

Dalam menyusun program kerja, katanya, Dekranasda Jatim pada 2020┬áharus bersinergi dengan program kerja Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Tahun 2020 merupakan tahun awal kepemimpinan Dekranas yang baru Hj Wury Ma’ruf Amin dengan masa jabatan 2019-2024.

Menurut Arumi, Ketua Dekranas yang baru dilantik 5 Februari 2020, dalam waktu dekat akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) sehingga program kerja Dekranasda Jawa Timur akan bersinergi dengan Dekranas. Harapannya, Dekranas yang usianya memasuki 40 tahun ini bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dan terus bisa membawa manfaat khususnya bagi para perajin.

Baca Juga  Akik Desa Gendaran Jadi Unggulan Nusantara dan Dilirik Dunia

Diharapkan, Dekranas juga bisa menyatukan antara tradisi dan budaya melalui teknologi dan kemajuan. Semuanya itu hasilnya bisa menyejahterakan masyarakat khususnya di kalangan para perajin.

Menurut Arumi, Dekranasda Jawa Timur sebenarnya tidak mempunyai kapasitas apa-apa tanpa ada dukungan dari Dekranasda kabupaten/kota, karena Ketua Dekranasda kabupaten/kota merupakan ujung tombak dari kepemimpinan sebelumnya yang banyak menorehkan prestasi.

Target Dekranasda Jawa Timur ke depan adalah akan mempertahankan apa yang sudah ada, meningkatkan yang masih kurang serta mengekspor potensi kerajinan unggulan yang bagus. Kemudian memfasilitasi untuk pembuatan grafis, merek dan hak kekayaan intelektual (HKI).

Mengenai program-program Dekranasda Jawa Timur pada 2020 adalah meningkatkan kualitas SDM perajin, peningkatan daya saing, meningkatkan keterampilan melalui pelatihan untuk berbagai kerajinan khas budaya daerah berkualitas ekspor.

Pada HUT ke-40 Dekranas 2020 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak dan potongan tumpeng diberikan kepada Ketua Dekranasda paling senior Siti Maimunah Salwa Arifin dari Kabupaten Bondowoso. Acara itu dihadiri oleh Ketua Dekranasda kabupaten/kota se-Jawa Timur. (*)