Desa Bancar Siap Laksanakan Pilkades Serentak Usai Pemilu

164

PONOROGO – Proses Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades serentak Se-Kabupaten Ponorogo yang akan digelar pada 20 Mei 2019 mendatang saat ini pentahapannya sudah mulai dilaksanakan di 198 Desa.

Menurut Anggota Panwas Pilkades Kecamatan Bungkal Sandra Adjie, pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Bungkal dilaksanakan di 16 Desa dari 19 Desa yang ada.

“Tiga desa yang belum melaksanakan pilkades serentak di Kecamatan Bungkal adalah Desa Bungkal, Bediwetan dan Kalisat,” ujar Sandra, Sabtu (9/3/2019) malam saat menghadiri sosialisasi dan pembentukan panitia Pilkades Bancar.

Dia berharap seluruh masyarakat dan elemen Desa Bancar melaksanakan pesta demokrasi yang adem untuk menentukan kades yang bisa mewujudkan impian masyarakat Bancar.

Kepada panitia terpilih dia berpesan agar bekerja sesuai aturan yang ada. “Panitia Pilkades Bancar harus bekerja sesuai dengan aturan yang ada, itu hukumnya wajib,” harapnya.

Sedangkan Pj Kades Bancar, Katiman berharap banyak warga Bancar mendaftarkan diri sebagai calon Kades. “Saat ini biaya Pilkades ditanggung pemerintah kabupaten dan pemerintah desa,” tambah Katiman.

Sedangkan Ketua BPD Bancar Bambang Suharmanto menyampaikan bahwa panitia Pilkades diambil dari berbagai unsur. “Di antaranya dari perangkat desa, LPMD, PKK, Karangtaruna dan tokoh masyarakat lainnya berjumlah tujuh belas orang,” paparnya.

Terpilih sebagai ketua adalah Misnun, sekretaris Sujarwo, dan bendahara Sukowati.
Usai pembentukan panitia Pilkades, Lamidi, salah satu tokoh masyarakat berharap kades terpilih nanti benar-benar mengayomi dan mengedepankan kepentingan masyarakat serta berdiri di atas semua golongan. (nur)