‘Dewi Cemara’, Cerdas, Mandiri dan Sejahtera

251
Dewi Cemara yang diresmikan Gubernur Jatim Khofifah

Desa-desa di negeri ini terus menggeliat berkreasi dan berinovasi. Apalagi serelah digelontor Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang lumayan banyak. Tak berlebihan mereka berlomba-lomba menciptakan inovasi maupun kreativitas.

Salah satu yang kini getol dilakukan desa-desa itu antara lain desa wisata. Termasuk Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang menciptakan desa wisata dengan nama Dewi Cemara singkatan dari Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera.

Bahkan pada 8 Agustus 2019 lalu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, secara resmi membuka objek wisata desa tersebut. Wisata tersebut diharapkan menjadi ikon baru desa wisata di Kabupaten Kediri.

Kala itu peresmian dihadiri Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno, Kepala Dinas Pertanian Prov. Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Komisi B DPRD Prov Jawa Timur, para Gapoktan se-Jawa Timur, Dirjen Tanamanan Pangan dan Hortikultura.

Baca Juga  Bukit Jamur, Pesona Fenomena Alam

Gubernur Jatim Khofifah menyatakan, Desa Kedungmalang sebelum dibuka secara resmi ternyata sudah viral di mana-mana. Foto-foto yang ditampilkan juga sangat instagramable. “Urip iku gawe urup. Bagaimana hidup kita bisa memberikan manfaat dan kehidupan bagi yang lain,” ujarnya.

Dewi Cemara ini adalah filosofi dasar, tidak sekadar menjadi destinasi wisata tetapi diharapkan Desa Kedungmalang menjadi Dewi Cemara, yang artinya desa wisata, masyarakatnya cerdas, mandiri dan masyarakatnya hidup sejahtera.

“Inovasi (crop circle) ini out of the box. Harapannya crop circle bisa bertransformasi menjadi Dewi Cemara. Yakni desa yang dikunjungi wisatawan yang masyarakatnya menawarkan wisata edukasi yang mencerdaskan. Sehingga menjadi desa yang mandiri dan sejahtera,” ujar Khofifah.

Sedangkan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menyatakan, pembangunan pertanian secara umum bertujuan mendorong berkembangnya agrobisnis guna mendukung peningkatan produksi dan produktivitas tanaman yang berdaya saing. Pertanian di Kabupaten Kediri merupakan sektor yang mendukung peningkatan PDRB. (*)