Dikunjungi Investor Kanada, Lumajang Kembangkan Objek Wisata

87

Potensi objek wisata suatu daerah bakal lebih maju dan berkembang bila digarap serius. Apalagi daerah tersebut memiliki potensi yang tak kalah dari daerah lain.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, misalnya, juga memiliki potensi dan keunggulan yang layak dikembangkan. Bahkan mereka pun menerima kunjungan investor dari Kanada, sebagai upaya pengembangan destinasi wisata di kabupaten tersebut.

Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember, R. Tjahjo Widodo, mengatakan, untuk bisa menyejahterakan masyarakat, pemerintah pusat ingin agar investor dapat membantu memajukan Kabupaten Lumajang. “Salah satunya di bidang pariwisata,” ujar Tjahjo Widodo dalam kunjungannya bersama Tim Federal Aviation Administration (FAA) Order Investor dari Negara Kanada, di Objek Wisata Air Terjun Tumpak Sewu, Kecamatan Pronojiwo (11/2).

Tjahjo juga menyatakan, tim tersebut terdiri dari Mr. Paul Hamel, Miss Jan Setter dan Miss Rose Marsolais, yang tujuannya adalah mendukung terealisasinya program Pembeayaan Kerja Sama antara Pemerintah Badan Usaha (KPBU)/ Swasta, sesuai Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Pembangunan Ekonomi di Wilayah Gerbang Kertasusila, TN-BTS dan lintas selatan, khususnya Selingkar Bromo Tengger Semeru.

Baca Juga  Banyuwangi Kembangkan Destinasi Pulau Tabuhan

“Investor dari Kanada, rencananya membangun sebuah fasilitas kereta gantung menuju lokasi Wisata Tumpak Sewu Lumajang, sehingga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Dalam upaya pengembangan destinasi wisata di Lumajang, lanjutnya, sangat dibutuhkan adanya kerja sama dari semua perangkat daerah dan pihak terkait, sehingga destinasi wisatanya dapat lebih diekspose.

“Kalau ini bisa terealisasi, maka destinasi wisata di Kabupaten Lumajang bisa bersaing dengan tempat lain. Kami optimistis destinasi wisata di sini (Lumajang, red) akan bisa unggul dibandingkan tempat lain,” imbuhnya.

Salah satu investor Mr. Paul mengatakan, pihaknya akan membantu memfasilitasi dengan menyediakan kereta gantung, sesuai dengan yang disampaikan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, beberapa waktu lalu.

“Buatkan proposal dulu, nanti saya cek proposalnya, dan pasti saya accept, agar dapat memajukan destinasi wisata di Kabupaten Lumajang, sehingga dapat bersaing dengan daerah lain,” ujarnya. (*)