Dipimpin Arumi, PKK Jatim Akan Optimalkan Peran Bakorwil

120
Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Dardak saat memberikan sambutan workshop Pokja I dan IV, Rabu (13/3). Foto: Ulviyatun Ni'mah/derapdesa.id

Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Dardak menyatakan pihaknya akan mengoptimalkan peran lima Bakorwil (Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan) yang ada di Jatim. Yakni, Bakorwil Bojonegoro, Madiun, Pamekasan, Malang, dan Jember. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan konsep Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak yang melakukan hal serupa.

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak itu mengatakan, Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dalam menjalankan pemerintahannya memiliki prinsip bahwa Jatim tidak bisa digeneralisasi. 38 kabupaten/kota yang ada di Jatim memiliki spesifikasi masing-masing yang berbeda satu sama lain.

Untuk mengakomodasi hal itu, Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak turun ke Bakorwil (Badan Perwakilan Wilayah) untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat di setiap daerah.

Arumi menuturkan, Bakorwil memiliki posisi strategis dalam menjembatani setiap permasalahan yang ada di kabupaten/kota. Jika biasanya anggota atau kader PKK diundang ke provinsi, maka ke depan diskusi PKK akan dilaksanakan secara intens di Bakorwil sehingga setiap kabupaten/kota dapat mengeluarkan uneg-uneg terkait permasalahan di masing-masing daerah.

“Ini dilakukan agar provinsi dapat lebih tepat sasaran dalam memfasilitasi permasalahan yang dihadapi di lapangan,” tuturnya saat menghadiri workshop Pokja I dan Pokja IV di ruang pertemuan Bappeda Provinsi Jatim, Rabu (13/3).

Dalam acara yang dihadiri Kepala OPD Pemprov Jatim dan 253 anggota PKK se-Jatim itu, Arumi juga menyatakan kesanggupannya untuk melaksanakan dan menyukseskan program OPD Pemprov Jatim.

“PKK siap melaksanakan program dinas dan siap berkontribusi untuk Jatim melalui Nawa Bhakti Satya. Maka dari itu kemitraan OPD dan PKK semakin melekat beriringan ke depannya,” ujar ketua PKK provinsi yang dilantik pada 19 Februari 2019 itu. (via)