Edukasi Bencana Sejak Dini, Siswa TK Kunjungi BPBD Jatim

154

SIDOARJO – Upaya penanganan bencana yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jatim selama ini ternyata menarik minat anak-anak kalangan anak usia dini.

Buktinya, pagi tadi, Kamis (20/2/2020), puluhan siswa KB-TK Al-Azhar, Tulangan, Sidoarjo bertandang langsung ke kantor BPBD Jatim yang terletak di Jl Letjen S. Parman 55, Waru, Sidoarjo.

Tujuannya, tak lain ingin mengenal lebih dekat tentang definisi bencana dan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangannya.

“Edukasi bencana seperti ini memang perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini. Paling tidak, jika terjadi bencana, seperti, banjir dan lainnya, mereka sudah bisa mengenali dan tahu cara menghindarinya,” ujar Dadang Iqwandi, Plt Kasi Pencegahan BPBD Jatim, yang menerima kunjungan tersebut.

Tak itu saja, dengan edukasi bencana yang diberikan sejak dini, anak-anak akhirnya juga paham akan pentingnya menjaga lingkungan, guna mencegah timbulnya bencana, seperti, banjir dan longsor.

Baca Juga  Agenda Bakti Sosial Warnai Acara HPN 2019
Hadiah bibit untuk generasi penerus pecinta lingkungan

Lantaran itu pula, setelah berkeliling dan mendapat penjelasan tentang bencana dan mitigasinya, anak-anak siswa KB-TK itu dihadiahi bibit tanaman, agar cinta lingkungan.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Jatim, Suban Wahyudiono juga mengaku bangga dengan animo anak-anak yang ingin mengetahui tentang kebencanaan di Jatim.

Menurutnya, hal itu telah selaras dengan fasilitas yang dimiliki BPBD Jatim, yakni, Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina). Saat ini, BPBD memang telah memiliki Tenpina berukuran 10×15 meter yang didirikan di halaman kantornya.

Tenpina bantuan dari BNPB Pusat ini bahkan menjadi satu-satunya yang dimiliki BPBD di tanah air. “Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan Tenpina ini sebagai upaya pengenalan bencana dan upaya pengurangan risiko bencana yang mungkin terjadi di sekitar kita,” harapnya. (*)

Horee.. dapat bibit tanaman penjaga lingkungan dari BPBD Jatim