Final Persebaya Vs Persija di Sidoarjo

74

Grandfinal turnamen sepakbola Piala Gubernur Jatim 2020 berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2) sore. Dua tim yang akan bertemu adalah Persebaya Surabaya versus Persija Jakarta.

Semula final dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, namun karena GBT dalam tahap renovasi akhirnya dipindah ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Keputusan itu diambil dalam rapat koordinasi (rakor) antara Polda Jatim, PSSI Pemprov Jatim dan Pemerintah Provinsi Jatim yang digelar di Mapolda Jatim, Rabu (19/2).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan Stadion Gelora Delta dipilih lantaran Stadion GBT masih dalam tahap perbaikan lapangan dan belum dapat menggelar pertandingan.

Stadion Gelora Delta dipilih karena GBT dalam tahap perbaikan rumput. “Kami sudah kirim tim, dan dapat laporan kalau rumput-rumputnya masih banyak yang berlubang,” ujar Luki usai rakor.

Baca Juga  Pengobatan Ningsih Tinampi Bukan Pelayanan Kesehatan

Rakor tersebut juga mengevaluasi insiden bentrokan suporter yang terjadi menjelang partai semifinal antara Persebaya vs Arema FC di luar Stadion Soeprijadi Kota Blitar, Selasa (18/2) lalu. Pada laga itu, Persebaya menang 4-2 dan berhak ke grandfinal.

Sedangkan Persija berhasil menembus final setelah pada laga semifinal sehari sebelumnya menang 2-1 dari Madura United.

Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin, mengatakan Stadion GBT sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggelar laga final. Pihaknya pun langsung mencari opsi stadion lain.

“Kami langsung koordinasi dengan stadion sekitar, yang paling dekat yaitu Gelora Delta. Kami mendapat jawaban dari pengelola bahwa stadion dalam kondisi kosong, bisa dipakai untuk final. Kemudian diputuskan dalam rakor, partai final digelar di Stadion Gelora Delta,” kata Amir.

Dia juga menginformasikan,
jadwal kickoff pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2020 juga dimajukan. Semula dijadwalkan pukul 19.30 WIB, namun kemudian dimajukan menjadi pukul 15.30 WIB.

Baca Juga  Forkopimda Jatim dan Serikat Buruh Sepakat Ciptakan Jatim Kondusif

Panpel pertandingan juga tak akan memaksimalkan kapasitas penonton di stadion berkapasitas 30 ribu orang itu. PSSI, Polda, dan Pemprov Jatim sepakat hanya akan menggunakan 80 persen dari kapasitas stadion.

Tiket tanda masuk sudah bisa dipesan sehari sebelum hari-H. “Kami kurangi 20 persen dari kapasitas stadion yang mestinya 30 ribu. Kami hanya menjual sekitar 24 ribu (tiket), dengan komposisi 15.000 ekonomi, 6.000 utama, dan 3.000 VIP,” lanjutnya. (*)