Genjot Gemar Ikan, Pemkab Kediri Bantu 80 Ribu Benih Ikan

49

Berbagai cara dilakukan agar masyarakat gemar makan ikan. Pemkab Kediri melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan puluhan ribu ekor benih ikan ke Sumber Kembangan Desa Paron (28/4). Langkah ini dilakukan agar masyarakat sekitar memperoleh asupan gizi dari ikan, serta sebagai salah satu cara mengajak masyarakat gemar makan ikan.

Sebanyak 80 ribu benih ikan terdiri dari ikan tombro 40 ribu ekor serta benih ikan tawes sebanyak 40 ribu ekor. Bantuan ini disalurkan melalui koperasi unit desa yang selanjutnya dibudidayakan di Sumber Kembangan.

Pemberian bantuan benih ikan (foto atas) dan saat benih ikan ditebar.

Menurut Santoso, Kabid Perikanan dan Budidaya Ikan Dinas Perikanan, dipilihnya tawes dan tombro lantaran kedua jenis ikan itu mempunyai karakter bisa hidup tanpa harus mengandalkan pemberian pakan dan bisa mencari makan sendiri dari ekosistem setempat.

“Pemberian benih ikan ini sebagai bentuk pembinaan Pemerintah Kabupaten Kediri kepada kelompok masyarakat Desa Paron, agar kelak sekitar 1 tahun mendatang, mereka bisa menikmati hasil dari ikan ini,” katanya.

Baca Juga  Bertahan Dalam Himpitan Reklamasi

Selain itu juga menjadi dorongan bagi masyarakat gemar makan ikan. “Dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai gizi yang terkandung di dalam ikan, mereka pun bisa membantu menjaga dan mengawasi keberadaan ikan serta ekosistem yang ada di Sumber Kembangan,” lanjut Santoso.

Dia menambahkan, pemberian bantuan benih ikan seperti ini akan terus dilakukan Pemkab Kediri di beberapa lokasi utamanya di lokasi sumber mata air. Agar masyarakat sekitar bisa mendapatkan hasil dan manfaat pasca panen. (*)