Gus Ipin Resmi Jadi Bupati Trenggalek

78
Gubernur Jatim Khofifah melantik Gus Ipin sebagai Bupati Trenggalek sisa masa jabatan 2016-2021. Foto: Ulviyatun Ni'mah/derapdesa.id

Tepat di hari ke-99 usai Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dilantik menjadi Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melantik Mochammad Nur Arifin, yang sebelumnya menjadi Wakil Bupati Trenggalek, sebagai Bupati Trenggalek sisa masa jabatan 2016-2021.

Pria yang akrab disapa Gus Ipin itu dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (28/5) tanpa wakil bupati. Prosesi pelantikan berjalan lancar. Para pejabat di lingkungan Pemprov Jatim, Forkopimda Kab. Trenggalek, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh kepemudaan Kab. Trenggalek hadir menyaksikan pelantikan tersebut.

Kepada bupati yang pernah menyabet rekor MURI sebagai kepala daerah termuda itu, Gubernur Khofifah menyampaikan delapan pesan. Di antaranya terkait dengan kesiapan SDM milenial di wilayah Trenggalek. Hal ini disampaikan Khofifah karena tingkat pengangguran terbuka di Jatim banyak usia milenial, yakni lulusan SMK dan SMA.

“Kemarin kami meluncurkan Millennial Job Center (MJC). Tolong disampaikan kepada milenial di wilayah Trenggalek, Tulungagung, dan eks Karesidenan Kediri bahwa tersedia beasiswa digital talent scholarship yang unlimited untuk milenial,” ungkap Khofifah.

Khofifah mengatakan, sebelumnya Kementerian Kominfo menyediakan 1.800 beasiswa untuk Jatim. Namun, Presiden Jokowi menginstruksikan agar dapat menyediakan 100 ribu beasiswa untuk milenial. Karena itulah, tidak menutup kemungkinan ke depan eks Karesidenan Kediri bisa menjadi titik baru MJC. Melengkapi lima titik MJC yang ada di lima Bakorwil.

Sementara terkait Wakil Bupati Trenggalek yang kini kosong, Khofifah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam UU dijelaskan, jika masa jabatan masih lebih dari 18 bulan, maka harus ada pengisian jabatan tersebut. Sementara periode Gus Ipin berakhir pada 17 Februari 2021, maka Khofifah meminta agar proses pengisian jabatan Wakil Bupati tersebut sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga berharap pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan di Trenggalek bisa berjalan secara optimal. Dia juga meminta agar RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Trenggalek bisa seiring sejalan dengan Nawa Bhakti Satya yang kini masih berproses untuk menjadi RPJMD 2019-2024 dan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional).

Dalam kesempatan itu, Emil Dardak juga memberikan sambutan purna tugas. Ia mengucapkan selamat kepada Gus Ipin yang dulu mendampinginya bertugas di Kab. Trenggalek. Dengan kapasitasnya saat ini sebagai Wakil Gubernur Jatim, Emil memastikan pembangunan di Trenggalek akan terus berjalan.

Saat memimpin Kab. Trenggalek bersama Gus Ipin, Emil memiliki banyak cita-cita untuk kabupaten yang berada di ujung selatan Jatim ini. Antara lain cita-cita untuk menjadikan Trenggalek sebagai pelabuhan perintis dan menjadikan Trenggalek sebagai bagian dari poros selatan Pulau Jawa.

“Pemprov senantiasa berupaya menjadi mitra yang baik bagi bupati/walikota. Kami meyakini, apa yang menjadi aspirasi masing-masing kabupaten/kota adalah menjadi cita-cita dan perjuangan bersama,” katanya.

Emil juga mendoakan agar Kab. Trenggalek di bawah kepemimpinan Gus Ipin bisa terus membangun Trenggalek dari segi fisik dan dalam pembangunan keluarga. (via)