Imbas Pandemi Corona, Musrenbang Kabupaten Ponorogo Gunakan Video Conference

339

PONOROGO – Dampak virus corona (Covid-19), kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Ponorogo tahun 2020 diselenggarakan secara online melalui video conference, Selasa (14/4/2020).

Menurut Kepala Bappeda Litbang Sumarno, Musrenbang dilaksanakan di tujuh tempat, yaitu Ruang Rapat Bappeda Litbang Ponorogo, Ruang Rapat Bantarangin Pemkab Ponorogo,  Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Ponorogo, Kecamatan Kauman, Kecamatan Sambit, Kecamatan Pulung, dan Kecamatan Balong.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan, tema Musrenbang Kabupaten Ponorogo untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 adalah ‘Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Berbasis Nilai-Nilai Agama dan Budaya’.

Musrenbang Kabupaten Ponorogo gunakan video conference. (Foto: Nur Kholis/derapdesa.id)

“Prioritas pembangunan Kabupaten Ponorogo tahun 2021 di antaranya adalah pengembangan pariwisata berbasis kearifan lokal, penguatan usaha mikro, dan koperasi,” tutur Ipong.

Baca Juga  Buka Bursa Inovasi Desa Ponorogo, Sekjen Kemendesa PPDTT Dihadiahi Batik Ciprat Karangpatihan

Dia menambahkan, Pemkab Ponorogo juga akan melakukan peningkatan pengelolaan infrastruktur strategis, perumahan, permukiman, sumberdaya daerah, lingkungan, bencana dan penataan kawasan.

“Juga peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, serta peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik,” tambahnya.

Politisi Partai Nasdem ini juga memaparkan perlunya revitalisasi pertanian menuju pertanian organik, peningkatan keamanan dan ketertiban untuk kesuksesan Pemilu, serta peningkatan kesejahteraan rakyat berbasis nilai-nilai agama dan budaya.

Dalam kesempatan tersebut, Ipong juga menyampaikan langkah-langkah penanganan menghadapi pandemi virus corona di Kabupaten Ponorogo. (nur)