Jatim Dinilai Berhasil Bina KIM

212
Diskominfo Merauke berkunjung ke Diskominfo Jatim

Jawa Timur dinilai berhasil dalam membina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Justru itulah menjadi salah satu dalih Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Merauke (Papua), studi banding ke Jatim terkait pembinaan KIM.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sarana Informasi Dinas Kominfo Merauke, Ilham Lubis, kunjungannya ke Jatim untuk bertukar pengalaman terkait pembinaan KIM. “Selama ini yang kami tahu Jatim berhasil membina KIM yang ada di daerah-daerah,” katanya.

KIM merupakan mitra pemerintah dalam menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat. Atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah.

“Selama ini kami menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat. Hal ini kami lakukan untuk bekerjasama terkait pendanaan pembangunan kampung-kampung. Diharapkan desa-desa bisa terkoneksi dengan perkotaan jika sarana dan prasarana sudah tersedia,” kata Ilham.

Sedangkan Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim, Danu Ardhiarso, mengatakan, KIM sebagai komunitas masyarakat informasi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Hal itu diharapkan mampu berperan menjadi fasilitator dan menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi.

Baca Juga  Gaet 8Villages, Gubernur Jawa Tengah Luncurkan Aplikasi Pertanian RegoPantes

KIM, lanjutnya, sebagai agen informasi, berperan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui masyarakat, sehingga mereka dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfataan untuk menopang aktivitas.

Para anggota KIM dibina agar bisa memberdayakan, dan berperan aktif dalam mengisi konten-konten media sosial. Mereka bisa memasarkan hasil-hasil produksi maupun hasil karya melalui internet. Meski kebanyakan berpendidikan rendah, tapi setelah mendapat pembinaan sekarang mulai mengenal IT. (*)