Jatim Provinsi Adipura

35

Selain penghargaan Nirwasita Tantra, Provinsi Jatim juga memborong banyak penghargaan Adipura. Sebanyak 24 kab/kota di Provinsi Jatim meraih penghargaan Adipura, di antaranya, penghargaan Adipura Kencana yang diterima Kota Surabaya untuk kategori kota metropolitan.

Ke-24 kab/kota itu yakni untuk kategori kota sedang diraih Kab. Jombang, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kab. Tulungagung, Kota Madiun, Kota Kediri, Kab. Lumajang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo. Kategori kota kecil diraih Kab. Pamekasan, Kab. Mojokerto, Kab. Sumenep, Kab. Tuban, Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan dan Kab. Nganjuk. Kecuali itu, Kab. Pacitan, Kab. Blitar, Kab. Situbondo, Kab. Trenggalek, Kab. Madiun, Kab. Lamongan, Kab. Ngawi dan Kab. Malang.

Diberikan pula penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah Terbaik yang diraih Kota Surabaya dan Kota Malang. Serta, sertifikat Adipura yang diraih Kota Batu (kategori kota sedang) dan Kab. Sampang (kategori kota kecil), dan plakat sebagai terminal bus terbaik yang diraih Kota Malang.

Perhatian Pemprov Jatim pada lingkungan hidup boleh memang tak bisa diragukan lagi. Peringatan hari lingkungan hidup pun nyaris tak pernah terlewatkan. Itu adalah salah satu wujud perhatian pemerintah provinsi pada lingkungan hidup.

Seperti ketika peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dan Hari Konservasi Nasional Provinsi Jawa Timur, 23-25 September 2018, di Komplek Paiton Resort, Pantai Desa Bhinor Kecamatan Paiton. Peringatan itu mengambil tema Bersama Kendalikan Sampah Plastik.

Peringatan itu merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun berpindah-pindah se-Jatim sebagai momentum evaluasi sekaligus menyusun langkah-langkah ke depan agar lebih bagus penataan lingkungan termasuk masalah sampah. (ins, edt)