Jatim Provinsi Pertama Uji Coba Padi Ratun Teknologi R5

90
Gubernur Khofifah berdialog dengan Koos Kunjahjo dan Aswin, peneliti padi Ratun R5 yang telah mereka gagas sejak tahun 2011

Penemu padi rutan teknologi R5 ialah Koos Kuntjahjo. Ia menuturkan, penemuan yang dimulai sejak tahun 2011 dan dilatarbelakangi banyaknya impor beras di Indonesia ini pertama kalinya baru diuji cobakan di Provinsi Jatim.

Penemu lainnya, Aswin  berharap, penemuan ini bisa meningkatkan kesejahteraan para buruh tani maupun petani sendiri. “Penerapan teknologi R5 pada padi ratun bisa menjembatani peningkatkan kesejahteraan petani karena petani bisa panen hingga 5 kali,” jelasnya meyakinkan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Jatim Graha Utama (JGU) Mirza Mutakin menambahkan, uji coba penanaman padi ratun R5 menjadi salah satu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanaman di kawasan Puspa Agro.

Demplot uji coba tanam padi ratun ini, kata dia, telah diaplikasikan pada lahan seluas kurang lebih 12 hektar. “Berdasarkan hasil uji coba, selain bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen, penanaman padi ratun teknologi R5 secara bertahap juga bisa memulihkan kondisi kerusakan tanah akibat penggunaan pupuk kimia,” tegasnya.