Jatim Raih Penghargaan Provinsi Terbaik PUPR 2018

158
Foto bersama dengan Menteri PUPU atas keberhasilan Jatim Sabet Penghargaan Provinsi Terbaik PUPR 2018

Bulan terakhir di tahun 2018 dihiasi dengan kesuksesan Pemprov Jatim meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2018. Penghargaan ini diberikan karena Pemprov Jatim menjadi satu-satunya provinsi yang dinilai mampu menyelesaikan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Berkat prestasi tersebut Pemprov Jatim dijadikan contoh KPBU lain di Indonesia.

Penghargaan itu diserahkan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono kepada Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr Heru Tjahjono yang hadir mewakili Gubernur Jatim. Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada acara Penghargaan PUPR 2018 di Auditorium Kementrian PUPR, Jakarta, Jumat (7/12) malam.

Selain Jatim, empat kabupaten/kota di Jatim juga mendapatkan penghargaan PUPR 2018 dari dua kategori. Pertama, kategori waste energy diterima Kabupaten Malang dan Kota Surabaya. Kedua, kategori KPBU jalan tol diterima Kabupaten Nganjuk dan Probolinggo.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengatakan, penghargaan yang diterima Pemprov Jatim tersebut merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat kepada Pemprov Jatim yang telah berhasil mewujudkan proses KPBU SPAM Umbulan sehingga berjalan dengan baik dan lancar. “Penghargaan ini atas keberhasilan dan kepiawaian bapak Gubernur dalam menyelesaikan proses SPAM Umbulan di Jatim,” tegasnya.

Menurutnya, salah satu alasan Jatim layak mendapatkan penghargaan ini adalah karena proses yang menjadi hambatan seperti politik, administrasi, hingga kendala di lapangan bisa diselesaikan dengan baik.

Heru menjelaskan, SPAM Umbulan yang ada di Jatim dapat melayani kebutuhan air minum yang sehat dan jernih bagi lebih dari 1,3 juta jiwa masyarakat Jatim, khususnya di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Kota Surabaya. Proyek SPAM Umbulan ini mempunyai kapasitas 4.000 liter/detik dengan kualitas air terbaik di dunia.

“Kita harapkan KPBU SPAM Umbulan dapat melayani masyarakat Jatim sehingga banyak daerah teraliri air yang bersih dan sehat,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada daerah agar tumbuh secara maju dan berkembang. Pengembangan infrastruktur daerah akan terus di perluas hingga pelosok Indonesia.

“Saya minta kepada daerah yang memiliki program-program bagi pengembangan infrastruktur agar disampaikan kepada Kementrian PUPR sehingga percepatan pembangunan bisa dilakukan secara merata,” imbuhnya.

Ke depan, pada Tahun 2019 pemerintah berkomitmen memperluas serta membangun dengan fokus pengembangan dan peningkatan kualitas SDM. Kementrian PUPR telah di minta  membantu membenahi atau membangun sarana gedung sekolah, pasar, serta universitas. (uul, hms)