Jelang Lomba Kesatuan Gerak, PKK Kota Surabaya Gelar Sosialisasi

432
Sosialisasi jelang lomba PKK-KB-Kesehatan. Foto: Ulviyatun Ni'mah/derapdesa.id

Sekitar 225 orang memadati aula kantor TP PKK Kota Surabaya di kawasan Tambaksari, Sabtu (14/9/2019). Mereka yang berasal dari PKK kecamatan, PKK kelurahan yang memiliki Kampung KB, PLKB (Penyuluh Lapangan KB), Puskesmas, dan ketua RW itu mengikuti acara sosialisasi program kerja TP PKK dalam rangka kesatuan gerak PKK-KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga)-Kesehatan tingkat Kota Surabaya tahun 2019.

Ketua TP PKK Kota Surabaya Siti Nuriya Zam Zam Sigit menjelaskan, dalam mengikuti lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, TP PKK Kota Surabaya telah menjuarai semua kategori dalam lomba tersebut. Namun, untuk lomba kesatuan gerak baru dimenangkan satu kali pada tahun 2011 lalu. Tahun ini, lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan difokuskan pada Kampung KB. Saat ini 31 kecamatan di Surabaya telah memiliki Kampung KB.

Baca Juga  Kenalkan B2SA Melalui Festival Makanan Khas Daerah

“Sebenarnya acara ini merupakan satu rangkaian kegiatan tentang kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan di Kota Surabaya. Hari ini sosialisasi cara pengisian dan pelaporan. Kami menghadirkan narasumber dari PKK kota, Dinas Kesehatan, dan BKKBN provinsi,” ujar perempuan yang akrab disapa Bu Sigit itu.

Ketua TP PKK Kota Surabaya Siti Nuriya Zam Zam Sigit S.

Dia lalu menjelaskan, 31 kecamatan di Surabaya akan mengikuti lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat kota. Pelaporan dari kecamatan akan masuk pada tanggal 8 November, sedangkan bulan November minggu ketiga, pihaknya akan turun melakukan penilaian di tiga kecamatan.

“Kami juga akan mengadakan pencanangan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan pada tanggal 24 September 2019. Di situ kami mengadakan talkshow tentang kesehatan ibu dan anak yang akan menghadirkan PKK, dokter kandungan, dokter anak, dokter gizi, pelayanan KB, dan pelayanan kesehatan. Masing-masing kampung KB juga akan menampilkan program masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga  Ketua TP PKK Kab. Ponorogo Gencar Berdayakan Kaum Perempuan Bumi Reog

Bu Sigit juga menerangkan bahwa lomba kesatuan gerak tingkat provinsi kali ini merupakan lomba terakhir dalam kepemimpinannya. Karena pada awal tahun 2021 kepemimpinannya akan purna.

“Mohon doanya ya semoga kami menang, jadi kami punya prestasi di lima kategori lomba PKK-KKBPK-Kesehatan,” pintanya. (uul)