Jogo Ponorogo, Bupati Ipong Ajak Seluruh Elemen Kompak Hadapi Corona

268

PONOROGO – Seluruh elemen di Bumi Reyog Ponorogo kompak melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Langkah itu diawali dengan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni yang mengeluarkan 17 poin Instruksi Bupati Ponorogo dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Ponorogo.

Langkah Bupati  Ipong dituangkan dalam Instruksi Bupati Ponorogo nomor 01 Tahun 2020 tertanggal 16 Maret 2020. Selanjutnya, satuan tugas (Satgas) melakukan screening atau deteksi dini di beberapa titik pintu masuk wilayah Kabupaten Ponorogo secara serentak, di antaranya di Biting (jalur Purwantoro-Ponorogo), Wates (jalur Pacitan-Ponorogo), Sawoo (jalur Trenggalek-Ponorogo), serta Sampung dan Danyang (jalur Magetan-Ponorogo), Sabtu (21/3/2020).

Menurut Bupati Ipong, langkah screening diupayakan agar semua orang yang masuk ke Kabupaten Ponorogo normal dan tidak terjangkit corona.

Baca Juga  Bubarkan Arisan, Kapolsek Kaliwates Diapresiasi Bupati Faida

“Kami lakukan filter dan screening di jalur masuk. Bagi mereka yang bukan warga atau KTP Ponorogo suhu di atas 38 derajat, kami minta untuk kembali. Hal ini untuk menangkal virus corona di Ponorogo,” tutur Ipong.

Satgas melakukan screening di titik pintu masuk wilayah Kabupaten Ponorogo, Sabtu (21/3/2020)

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto selaku pengarah Satgas Pemkab Ponorogo memaparkan pihaknya melakukan screening melibatkan sejumlah petugas di antaranya Dinas Kesehatan, TNI, Polri dan Sat Pol PP.

“Mulai hari ini petugas melakukan pengecekan suhu badan dengan alat Digital Thermometer. Pengecekan dilakukan kepada warga yang akan masuk di wilayah Kabupaten Ponorogo,” terang Sunarto yang juga politisi Partai Nasdem ini.

Sebelumnya, Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto memaparkan bahwa virus corona sudah masif dalam penyebaran dan tidak memandang bulu.

Baca Juga  Rapat dengan Menko Maritim, Khofifah Upayakan Perizinan Kapal Nelayan Satu Atap

“Semua bisa kena dan sebagai antisipasi aparat pemerintah harus melakukan tindakan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di ruang publik. Diharapkan bisa mencegah penyebaran virus corona,” terang AKBP Arief Fitrianto.

Pihaknya sudah melakukan penyemprotan disinfektan di Mapolres Ponorogo.

Sementara itu Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto menegaskan bahwa Kodim 0802/Ponorogo terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan selalu siap bersinergi dengan unsur terkait dalam menangkal atau mencegah virus corona, di antaranya melalui pemasangan banner/spanduk.

“Intinya, kita semua tidak usah panik. Pemasangan spanduk/banner oleh Kodim 0802/Ponorogo ini berisikan tips-tips atau kiat untuk melawan covid-19 agar kita semua tahu dan paham bagaimana cara melawan virus corona,” papar Letkol Inf Sigit Sugiharto. (nur)