Kades Baru Tuban Dibekali Regulasi

945
Pembekalan Kades baru

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Keluarga Berencana (Dispemasdes dan KB) Kabupaten Tuban menggelar pembekalan kepala desa baru, 20-24 September 2019. Acara itu diikuti 273 kepala desa se-Kabupaten Tuban di salah satu hotel di kota tersebut.

Sekdakab Tuban, Dr Ir Budi Wiyana MSi, menyatakan, kegiatan ini merupakan langkah strategis yang diperlukan kepala desa dalam menjalankan tanggung jawabnya. Antara lain harus mematuhi peraturan maupun regulasi yang berlaku, salah satunya berkaitan dengan pengelolaan dan pelaporan keuangan, dana desa, maupun aset desa lainnya.

Ia melanjutkan, di era keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi informasi membawa konsekuensi pada pelaksanaan pemerintahan desa. Kehadiran teknologi menjadi tantangan bagi kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Kecuali itu, janji politik dan permasalahan di desa harus dituangkan dalam Musrenbang desa dan RAPBDes. Progam pembangunan desa juga bisa diselaraskan dan disinergikan dengan program prioritas kabupaten dan provinsi.

Baca Juga  BPBD Probolinggo Sosialisasi Kesiapsiagaan

Dikatakan, Bupati Tuban menginstruksikan agar kades memiliki inovasi dan terobosan baru. Kecuali itu, pengembangan desa berbasis pada potensi desa dan dapat dikembangkan sehingga mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dispemasdes dan KB Drs Mahmudi MSi, menyatakan, materi yang disampaikan di antaranya kebijakan umum; prespektif desa di masa depan; pengelolaan dan pelaporan keuangan serta aset desa; tupoksi kades dan perangkat desa. Materi disampaikan Inspektorat; Dispemasdes dan KB Kabupaten Tuban. (*)