Kampung Perahu, Destinasi Wisata Baru

800

Kabupaten Pasuruan terkenal sebagai kota yang memiliki banyak lokasi wisata. Ada berbagai wisata yang populer sampai yang sedang hits dan menjadi buruan wisatawan baru-baru ini. Salah satu contoh lokasi wisata yang lagi hangat dibincangkan adalah wisata pemandian Reco Kembar Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi. Juga memiliki spot wisata yang unik dan terbaru, yaitu wisata kampung perahu.

Kampung perahu tersebut terletak di Sungai Complong, Desa Patebon, Kecamatan Kejayan. Tepat di samping sungai tersebut (river side) berjajar puluhan perahu hias yang unik dan tampak mempesona. Ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama yang tertarik untuk mengabadikannya. Dan menjadi spot yang menarik untuk berselfie.
Pilihan Desa Patebon sebagai wisata kampung perahu berawal dari pergelaran even Fashion on the River yang setiap tahun dipelopori SMA Negeri 1 Kejayan. Awalnya, gagasan itu hanya memanfaatkan kembali perahu peserta selepas pergelaran.

Baca Juga  Pantai Pulau Merah Mulai Bersolek

Namun justru hal itu mendapat apresiasi masyarakat yang cukup besar, karena lokasi yang berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Pasuruan-Malang sangat strategis. Sehingga sejumlah wisatawan yang kebetulan lewat menyempatkan diri berhenti dan turun dari bus untuk melihat desa wisata unik tersebut. (sur)