Kenalkan B2SA Melalui Festival Makanan Khas Daerah

128

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan makanan khas daerah. Salah satunya melalui Festival Makanan Khas Daerah yang digelar Rabu (28/11), di pendopo Kab Lamongan. Festival makanan khas ini diikuti kabupaten/kota se-Bakorwil Bojonegoro. Mereka berlomba-lomba menampilkan kreasi terbaik dalam menyajikan makanan khas masing-masing daerahnya.

Kegiatan itu diapresiasi Ketua Pokja III TP PKK Prov Jatim, Gardjati Heru Tjahjono. Saat hadir untuk membuka acara, dia mengatakan, Festival Makanan Khas Daerah dapat menjadi salah satu ajang untuk mempromosikan  dan memotivasi masyarakat agar mengonsumsi makanan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman) serta halal.

Gardjati Heru Tjahjono membuka Festival Makanan Khas Daerah se-Bakorwil Bojonegoro, Rabu (28/11) di Lamongan

Istri Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono itu mengatakan, perubahan gaya hidup masyarakat berjalan sangat cepat. Salah satunya adalah pola makan yang jauh dari makanan bergizi. Saat ini masyarakat banyak memilih untuk mengkonsumsi makanan instan atau cepat saji. Kebiasaan tersebut berdampak pada timbulnya penyakit yang diderita masyarakat. “Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya angka kematian di usia muda,” ujarnya.

Menurutnya, banyak anak muda yang menderita atau terserang stroke, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan lainnya. Penyakit tersebut  merupakan penyakit-penyakit pembunuh utama, yang menyerang begitu cepat tanpa adanya tanda-tanda sebelumnya.

“Penyelenggaraan acara ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengonsumsi makanan khas daerah yang sehat, beragam, bergizi, berimbang, dan aman, serta halal sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup,” lanjutnya.

Gardjati menerangkan, acara yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Jatim ke-73 Provinsi Jatim ini memiliki beberapa tujuan. Di antaranya adalah meningkatkan kreativitas dan perekonomian masyarakat dan pengusaha kuliner untuk terus berinovasi. Kecuali itu, acara tersebut juga untuk mengedukasi masyarakat agar bisa mengetahui dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar untuk diolah menjadi makanan sehat. Beberapa tamu kehormatan tampak hadir. Di antaranya Bupati Lamongan Fadeli beserta istri, Makhdumah Fadeli. (uul, hms)