Ketua PPDI Gresik Kalahkan Petahana di Pilkades Dapet

835

Sorak kemenangan langsung diteriakkan para pendukung  Siswadi, Calon Kepala Desa (Cakades) Dapet Kec. Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Itu lantaran cakades bernomor urut 2  ini berhasil meraih dukungan terbanyak dalam Pilkades yang digelar hari ini, Rabu (31/7/2019).

Siswadi, yang juga Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Gresik akhirnya bisa mengungguli Suyitno, calon petahana dalam Pilkades Dapet kali ini. Di akhir perhitungan suara, pria yang pernah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Sekdes Dapet selama 10 tahun ini berhasil meraih dukungan sebanyak 1.152 suara.

Perolehan itu unggul 361 suara dibanding capaian suara Suyitno yang hanya meraih 791 suara. Suara tidak sah tercatat 22 suara, dan total pemilih yang hadir sebanyak 1.965 jiwa.

Dari hasil akhir perhitungan suara Pilkades Dapet terungkap, dukungan terbanyak Siswadi berasal dari Dusun Dapet dengan raihan 779 suara. Di wilayah ini, Suyitno hanya meraih 292 suara. Capaian ini memang tak mengherankan, karena sejak tahun 1999, Siswadi telah menjabat sebagai Kepala Dusun di wilayah Dapet.

Selanjutnya, dukungan terbanyak kedua berasal dari Dusun Kedungdowo dengan perolehan 206 suara, yang disusul dengan tambahan suara dari Dusun Sugihwaras sebanyak 167 suara. Di Kedungdowo, Suyitno, hanya meraih 137 suara dan di Sugihwaras, cakades petahana bernomor urut 1 ini unggul dengan dukungan 362 suara.

Atas kemenangan ini, Siswadi tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur. Ucapan selamat pun mengalir dari para pendukung dan teman-teman sejawatnya, para perangkat desa di lingkungan Kabupaten Gresik.

‘’Alhamdulillah, terimakasih.. terimakasih, mas.. Mohon doanya ya,’’ ucap pria kelahiran Gresik, 17 Juli 1970 ini tiada henti.

Sejak awal, bapak dua anak ini memang punya peluang besar mengalahkan sang incumbent. Sebab, selain sebagai perangkat desa, Siswadi juga aktif di berbagai organisasi. Saat ini Siswadi juga tercatat sebagai Sekretaris PPDI Jawa Timur, Ketua Paguyuban Gapoktan Gresik dan Sekretaris KTNA Kab. Gresik.

Hari ini, Kabupaten Gresik memang punya gawe Pilkades serentak. Selain Desa Dapet, sebanyak 264 desa yang tersebar di 18 kecamatan melangsung Pilkades secara bersamaan. Sampai dengan proses perhitungan suara sore hari tadi, gawe politik lokal enam tahunan ini berlangsung aman, tanpa ada gejolak yang berarti. (yus)