Khofifah dan Emil Buka Puasa Bersama ASN Pemprov Jatim dan Ratusan Anak Yatim

32
Gubernur Jatim Buka Puasa bersama di Kantor Gubernur Jatim Jl.Pahlawan no 110 Surabaya

Untuk pertama kalinya sejak menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menggelar buka bersama dan salat maghrib berjamaah bersama seluruh pegawai di lingkup kantor Gubernur Jatim dan ratusan anak yatim dari berbagai yayasan panti asuhan. Acara yang diselenggarakan di halaman kantor Gubernur Jatim, Selasa(7/5) itu juga dihadiri Sekdaprov Jatim dan para kepala OPD di jajaran Pemprov Jatim.

Khofifah dan Emil berbuka bersama anak yatim dari beberapa panti asuhan.

Hadir pula Guru Besar UIN Sunan Ampel KH M Ali Aziz yang diundang sebagai penceramah. Dalam tausiahnya Ali Aziz menyampaikan bahwa ada dua jenis puasa selama Ramadhan, yaitu puasa minimalis dan puasa maksimalis. Puasa minimalis hanya menahan lapar, minum, dan berhubungan suami istri. Sedangkan, puasa maksimalis tidak hanya menahan makan, minum maupun hawa nafsu, namun juga menjaga mata, mulut dan telinga.

Ia menjelaskan, dalam puasa maksimalis ini ada tiga tahapan yang perlu dilakukan. Tahap pertama adalah pembersihan dengan membuang segala kebiasaan buruk selama puasa. Tahap kedua yaitu pengisian dengan terus berbuat baik dan bisa memberi manfaat sebesar-besarnya untuk orang lain. Yang terakhir yakni pembaruan atau installment agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

“Dengan melakukan tahapan tersebut, maka kita juga akan mendapatkan kebahagiaan. Salah satunya berkat melakukan zoom out pada segala yang tidak baik dan zoom in pada semua kebaikan yang bisa dilakukan,” pungkasnya. (uul, hms)