Khofifah Lepas Keberangkatan 2.000 Pemudik Gratis Jasa Raharja

81
Gubernur Jatim lepas keberangkatan mudik gratis PT Jasa Raharja (Persero)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan 2.000 pemudik yang mengikuti program mudik gratis PT Jasa Raharja (Persero) di lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Jumat (31/05). Para pemudik tersebut diangkut dengan 50 bus mudik gratis ke 19 kabupaten/kota di empat provinsi, yakni Jatim, Jabar, Jateng, dan Yogyakarta.

Beberapa pejabat turut mendampingi Khofifah. Antara lain Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, Kapolda Jawa Timur Luki Hermawan, serta Direktur SDM & Umum PT Jasa Raharja (Persero) Dewi Aryani Suzana.

Sebelum memberangkatkan bus pemudik, Khofifah berpesan, meskipun mudik ini gratis, namun harus tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Selain itu, tes urin untuk driver juga dilakukan untuk memastikan bahwa semua driver mampu mengendarai moda transportasi dengan aman.

Ia juga mengingatkan agar antara penumpang dan driver saling mengingatkan untuk tidak mengebut di jalan. Hal ini penting, karena meskipun ada tol yang bisa mempercepat perjalanan bukan berarti boleh kebut-kebutan.

Khofifah menambahkan, saat meninjau Terminal Purabaya bus yang digunakan rata-rata merupakan bus standar. Sedangkan bus yang digunakan mudik gratis adalah bus standar pariwisata dan sangat eksekutif kelasnya. Selain itu, saat pihaknya melepas mudik gratis lewat kapal ke Masalembu penumpangnya juga sangat senang karena fasilitasnya mewah. Dia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang ikut menyiapkan dan melaksanakan program mudik gratis.

“Artinya layanan terbaiklah yang ingin selalu diberikan untuk pemberian pemenuhan kebutuhan masyarakat. Apalagi, hal ini juga diikuti oleh seluruh stake holder baik BUMN maupun swasta,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur SDM & Umum PT. Jasa Raharja (Persero), Dewi Aryani Suzana menjelaskan, di tahun ke-12 penyelenggaraan mudik gratis ini, Jasa Raharja memberangkatkan 40.180 orang pemudik, di antaranya 3.100 ribu moda bus, 2.500 kapal laut, dan sisanya kereta api.

“Sasaran kegiatan mudik gratis Jasa Raharja ini untuk mengalihkan masyarakat yang mudik ke kampung halaman dengan sepeda motor, agar menggunakan bus, serta meminimalisir resiko kecelakaan,” terangnya. (uul, hms)