Kopwan Srikandi Sehati Pelem Bagikan Masker Gratis

341

Kepedulian bisa datang dari mana pun di saat virus corona atau Covid-19 mewabah. Tak terkecuali Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Sehati dari Desa Pelem, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, yang peduli pada sesama.

Kendati hanya berlingkup desa, namun upaya yang dilakukan oleh Kopwan Srikandi Sehati itu patut ditiru dan diapresiasi. Apalagi masker yang dibagikan secara gratis ke warga sangat dibutuhkan di tengah-tengah wabah virus corona.

Ketua Kopwan (kiri) saat memberikan masker ke warga (foto atas) dan ketika secara simbolis memberikan masker ke Kades Pelem.

Ketua Kopwan Srikandi Sehati, Wulan Supriyati, mengatakan, apa yang dilakukan itu sekadar memberikan bantuan karena masker juga mulai sulit diperoleh di pasaran. “Mudah-mudahan masker yang kami bagikan ini bermanfaat bagi warga,” ujar Wulan Supriyati.

Meski jumlahnya hanya sekitar 200 potong, namun paling tidak kepedulian itu bisa menggugah kelompok masyarakat atau komunitas lain agar memiliki rasa empati pada sesama. Harapan Wulan Supriyati, virus corona segera pergi dan musnah dari Bumi Pertiwi.

Baca Juga  Kopwan Lintang Jaya, Dorong Kesejahteraan Perempuan

Penyerahan masker berlangsung di Kantor Desa Pelem dan diterima oleh Kepala Desa Pelem, Eko Didik Prihandono. “Kami ucapkan terima kasih kepada Kopwan Srikandi Sehati atas kepeduliannya ini. Mudah-mudahan Kopwan Srikandi Sehati semakin jaya dan sukses,” ujar Kades.

Pembagian masker itu juga melengkapi apa yang sudah dilakukan pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Pelem yang telah membagikan 2.000 masker dan dua batang sabun ke masing-masing rumah pada Minggu (5/4). “Jadi tiap rumah diwajibkan menyediakan air untuk cuci tangan pakai sabun setiap keluar dan masuk rumah,” kata Kades Han–sapaan akrab Kades Eko Didik Prihandono.

Pengurus saat mengedukasi warga cara mencuci tangan pakai sabun.

Masker yang berbahan kain itu merupakan hasil karya anggota Kopwan, sekaligus memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) desa setempat. Berbagai warna menarik masker yang dibagikan antara lain pink, hijau, coklat, kuning dan lainnya.

Baca Juga  Antisipasi Virus Corona, Anggota DPR-RI Bentuk Satgas Anti Covid-19 Tim EBY

Dalam kesempatan itu, selain pembagian masker juga disampaikan edukasi cara mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar. Warga pun merespons positif upaya tersebut. “Alhamdulillah, semuanya berlangsung lancar. Mudah-mudahan semua warga sehat wal afiat,” imbuh Wulan Supriyati. (*)