Kreasi Cantik Sampah Plastik

1106

Kreativitas dari barang-barang bekas dan daur ulang masih menarik untuk dicermati. Begitu pula yang terjadi di Desa Mlancu, Kec Kandangan, Kab Kediri, ada usaha warga yang memanfaatkan sampah plastik sebagai barang kerajinan yang layak jual.

Desa Mlancu selama ini memang dikenal memiliki potensi buah, terutama buah durian yang begitu banyak. Ada pula buah rambutan, alpukat dan masih banyak potensi buah lainnya. Ternyata di desa yang berbatasan dengan Kasembon (Malang) itu, juga sebagai akses jalan lintas dari Wonosalam (Jombang) ke Batu, memiliki potensi lain.

Selain potensi dari hasil bumi yang sudah terkenal dengan durian Slumbung, juga ada salah satu warganya yang membudidayakan sampah plastik untuk didaur ulang menjadi tas cantik dan indah.

Roni salah satu warga asli Mlancu, mengatakan, usaha yang digelulitinya itu berawal dari banyaknya sampah plastik. Apalagi saat ada hajatan, karena sampah plastik sangat sulit terurai dalam tanah, membutuhkan waktu bertahun-tahun dan itu bisa menimbulkan permasalahan. Biasanya dibakar baru bisa terurai dan manjadi pupuk.

“Meski saya hanya warga desa, tapi juga peduli dengan penanganan sampah. Saya melihat ada potensi yang menjanjikan dari olahan sampah, dan mulailah saya utak-atik sampah-sampah plastik itu,” kata Roni.

Dia mengaku juga banyak belajar dari internet bagaimana caranya sampah plastik bisa menjadi bahan olahan kerajinan. “Akhirnya saya mencoba membuat tas dari gelas plastik sisa air mineral. Juga bisa dibuat olahan lain sesuai pesanan, seperti tempat sampah,” ujarnya.

Dia mulai utak-atik membuat tas dari sampah plastik sejak tahun 2014 dan hasil olahan lumayan bisa untuk menambah pendapatan demi kesejahteraan keluarga.

Eman-eman kalau dibakar atau dibuang, apalagi bungkus kopi, bungkus permen dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Bagi yang tidak punya pekerjaan cocok untuk ibu-ibu rumah tangga, sambil momong bisa mendapat rupiah dari olahan sampah,” lanjutnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri yang memberikan kesempatan kepadanya untuk selalu mengikuti pameran-pameran yang diadakan, baik di wilayah Kabupaten Kediri maupun di luar kota/daerah.

Mengenai kreasi, Roni menyatakan, banyak contoh di internet, tinggal bagaimana caranya mendesain membuat tas, misalnya, berbeda dan laku di pasaran. Kalau ingin pesan atau saling bertukar ilmu silahkan datang ke Dusun Kwaringan, Desa Mlancu, Kec Kandangan. Atau bisa telepon ke nomor HP Roni 082 142 128 744. (kei, edt)