Lantik TP PKK Kab Malang, Arumi Apresiasi Prestasi

140
Prosesi pelantikan Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kab Malang

Prestasi itu penting, tetapi tidak boleh lupa bahwa tantangan dan perubahan terus berganti. Pernyataan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa itu kembali dikutip Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Emil Dardak, saat melantik Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Malang.

Gubernur Khofifah saat pelantikan kepengurusan TP PKK Jatim pernah menyatakan hal tersebut. “Maka dari itu bagaimana TP PKK bisa beradaptasi dengan tren lingkungan hidup menjadi cukup penting,” lanjut Arumi menirukan pernyataan Gubernur Khofifah.

Seperti diketahui Arumi sebagai Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Jatim, melantik Ny Anis Zaidah Sanusi menjadi Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda  Kabupaten Malang masa bakti 2016-2021 di Gedung Negara Grahadi, Selasa (17/9).

Arumi mengatakan, prestasi yang diraih TP PKK Kabupaten Malang cukup banyak, di antaranya pada 2017 menjadi juara dua lomba cipta lagu Jawa Timur. Tahun 2018 menjadi juara satu lomba kreasi resep cipta menu Jawa Timur. “Hal ini bisa disimpulkan bahwa ibu-ibu di Malang pandai memasak,” tutur Arumi.

Berikutnya, pada 2019 menjadi juara satu kategori menu balita tingkat Jawa Timur dan nominasi 10 terbaik lomba menu wajib 10 program pokok PKK. Prestasi tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Mengacu pernyataan Gubernur Khofifah, maka TP PKK Kabupaten Malang harus bisa beradaptasi dengan yang terjadi di sekitarnya. Kabupaten Malang mempunyai anugerah dan tantangan. Bersama Malang Raya-nya mempunyai potensi strategis, baik TP PKK maupun Dekranasda. Seperti destinasi wisata yang terus berkembang di Malang.

Oleh sebab itu TP PKK bisa mempersiapkan diri dengan kemajuan-kemajuan di wilayah Kabupaten Malang, Malang Raya dan sekitarnya. Karena kalau wilayah Malang maju, maka masyarakatlah yang harus bisa menikmati dan menjadi bagian dari kemajuan itu. “Jangan sampai kita yang menjadi penontonnya,” lanjut Arumi.

Usai dilantik, TP PKK Kabupaten Malang segera menyusun visi dan misi guna menyambut kemajuan di wilayahnya, seperti menyiapkan UMKM. Kemudian diingatkannya, permasalahan stunting atau pertumbuhan yang tidak sempurna sampai permasalahan sampah plastik.

Karena Malang dan sekitarnya banyak dikunjungi wisatawan maka sampah, khususnya sampah plastik, menjadi problem tersendiri bagi TP PPK Kabupaten Malang. “Oleh sebab itu Kabupaten Malang diharapkan bisa menjadi contoh tentang mengatasi permasalahan sampah plastik,” kata istri Wagub Jatim Emil Dardak itu.

Dia juga berpesan kepada Ketua Dekranasda Kab Malang agar terus berkolaborasi memberikan informasi dan bekerja keras dalam memajukan kabupaten. Ada aspek yang harus diperhatikan dalam meningkatkan industri kerajinan, yakni kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan pembekalan-pembekalan, baik perajin maupun UMKM. (*)