Lilik Ida Royani, Memotivasi dan Memberdayakan

55

Memimpin TP PKK kecamatan tidaklah mudah. Namun, Lilik Ida Royani memiliki kiatnya. Yakni, memotivasi dan memberdayakan. Dengan kiat tersebut, Lilik berhasil mengantarkan TP PKK Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri mendulang banyak prestasi di tingkat kabupaten, bakorwil (badan koordinasi wilayah), hingga provinsi.

Ekspresi semringah tidak bisa disembunyikan dari wajah Lilik saat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 di alun-alun Mejayan, Kab. Madiun, Jumat (13/7). Bagaimana tidak? Dalam event tersebut, PKK desa di wilayahnya menerima penghargaan sebagai juara III lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tingkat Prov. Jatim.

Penghargaan tersebut bukanlah satu-satunya penghargaan yang pernah diraih PKK Kec. Gurah. Tahun ini, TP PKK Kec. Gurah menjadi delegasi Kab. Kediri dalam lomba Asman (Asuhan Mandiri dan Akupresur) Toga di tingkat provinsi. Sebelum dikirim ke provinsi, Asman Toga Desa Bogem, Kec. Guran ini menjadi juara I di tingkat kabupaten.

“Warga mengembangkan dan memanfaatkan toga menjadi berbagai macam olahan yang ekonomis, produktif, dan prospektif. Seperti empon-empon yang diolah menjadi jamu, bubuk jahe instan, daun kelor menjadi cake dan peyek, dan daun sirih menjadi peyek. Adapun inovasi yang belum terlaksana, jeruk lemon menjadi minuman dan daun kelor menjadi bubuk teh instan,” ujar Lilik yang sebelumnya menjadi Ketua TP PKK Kec. Plemahan.

Di samping penghargaan-penghargaan tersebut, Lilik yang memimpin TP PKK Kec. Gurah sejak 24 Agustus 2016 telah sukses mengantarkan PKK Kec. Gurah meraih banyak penghargaan di tingkat kabupaten, bakorwil, hingga provinsi. Kepada Puspa, istri Camat Gurah ini mengaku memiliki motivasi sehingga mampu mendulang banyak prestasi.

“Memotivasi, memberdayakan, dan juga bermanfaat untuk masyarakat yang lebih baik di kemudian hari,” ungkap Lilik.

Untuk menggerakkan masyarakat, Lilik selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan lintas sektor, termasuk kepala desa, ketua TP PKK desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda.

Prestasi-prestasi tersebut merupakan hasil dari program yang dilaksanakan dengan baik. Di dalam memimpin, Lilik yang lahir di Blitar 46 tahun lalu ini memiliki beberapa program prioritas. Di antaranya adalah pemberdayaan masyarakat melalui UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di seluruh desa, upaya peningkatan kesehatan melalui Posyandu dan Posbindu, PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), memfasilitasi penuntasan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), menggerakkan kegiatan IVA dan pap smear, dan menggerakkan PHBS, Germas, Asman Toga bersama lintas sektor.

Selain program-program tersebut, dia juga mencanangkan program di bidang pendidikan melalui pembinaan dan fasilitasi ke PAUD/TK dan menggerakkan kegiatan Gernas Baku (Gerakan Nasional Baca Buku). Kecuali itu, TP PKK Kec. Gurah juga berpartisipasi dalam menggerakkan jamaah ibu-ibu pengajian dalam kegiatan salat malam, serta melakukan pembinaan administrasi PKK ke desa-desa.

Dalam pelaksanaannya, dia mengaku menemui beberapa kendala. Di antaranya dana, SDM, dan waktu yang terbatas. Lilik punya solusi untuk mengatasi hal itu, yakni ada niat dan kesempatan untuk melakukan kegiatan dan menggerakkan partisipasi dan swadaya masyarakat untuk mendukung kegiatan tersebut agar berjalan sebagaimana mestinya.

“Saya memiliki harapan agar TP PKK Kec. Gurah bisa bermanfaat bagi masyarakat, lebih maju, dan lebih baik di kemudian hari,” pungkasnya. (via)

Lilik Ida Royani menunjukkan piagam penghargaan pemenang lomba PKK, KB, Kesehatan tingkat Provinsi Jatim

Biodata:

  • Nama lengkap : Hj Lilik Ida Royani
  • Nama Suami : H Ahmad Wito Subagyo SH MSi (Camat Gurah, Kab. Kediri)
  • Nama Anak : Akyun Rozaqi Syah Putra & Ariqah Zakwannajmi Salmaputri
  • Jabatan : Ketua TP PKK Kec. Gurah Kab. Kediri
  • Prestasi :
  1. Lomba Asman Toga tingkat Provinsi Jatim (juara belum diumumkan) (2018)
  2. Juara I lomba Asman Toga tingkat Kabupaten Kediri (2018)
  3. Juara I lomba PHBS tingkat Kabupaten Kediri (2017)
  4. Juara III lomba PHBS tingkat Provinsi Jatim (2017)
  5. Juara II lomba 10 program PKK tingkat Kabupaten Kediri (2017)
  6. Juara harapan III lomba olahan sirsak tingkat kabupaten Kediri (2017)
  7. Juara II lomba kreasi makanan khas daerah tingkat Bakorwil III Bojonegoro (2016)