Lima Plt Kades di Kec Tarik Harus Amanah

224
Lima Pj Kades di Kecamatan Tarik usai dilantik

Lima pelaksana tugas (Plt) kepala desa (Kades) di wilayah Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, harus amanah. Kelima Plt Kades itu adalah pegawai negeri di lingkungan Pemkab Sidoarjo, yang bertugas hingga terpilih Kades definitif pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2020 mendatang.

Kelima kepala desa di Kecamatan Tarik yang sudah purnatugas itu adalah Desa Mliriprowo, Mindugading, Sebani, Kedinding dan Kendalsewu. Kini, jabatan tersebut diisi pelaksana tugas (Plt) atau penjabat (Pj) dari Pegawai Negeri Pipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Seperti diketahui,   Kabupaten Sidoarjo akan menggelar Pilkades serentak pada 2020 mendatang. Total ada 173 desa yang akan menggelar pilkades pada 9 April 2020. “Kami berharap para penjabat desa yang baru harus mampu dan bisa menyukseskan agenda kegiatan pemerintahan daerah tersebut,” kata Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah SH, MHum.

Baca Juga  Pemdes Ambunten Barat Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Saat pelantikan lima Pj Kades dilakukan Camat Tarik Iswadi Pribadi, disaksikan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, M Ali Imron, di Pendapa Kecamatan Tarik, 12 September 2019 lalu. Para Pj Kades itu akan menduduki jabatan hingga kades definitif hasil Pilkades 2020 mendatang dilantik.

Kelima Pj Kades yang dilantik yakni Sukaji sebagai Pj Kades Mliriprowo menggantikan Noto Diharjo, Sri Susilowati Dewi Kartika Sari sebagai Pj Kades Mindugading menggantikan Sri Susilowati. Kemudian Titik Purnawati sebagai Pj Kades Sebani menggantikan Adi Mursito, Ludi Yulianto sebagai Pj Kades Kedinding menggantikan Sudana, Umi Hayati SH, sebagai Pj Kades Kendalsewu menggantikan Umi Hayati.

Bupati Sidoarjo menekankan Pj Kades harus mampu menyukseskan program pelayanan masyarakat di desa masing-masing. Selain itu menjalankan tugas menggantikan Kades definitif. Mereka mengemban tugas selama satu tahun masa jabatan atau berakhir setelah dilantik kepala desa definitif. Bupati berharap seluruh Pj Kades memahami tugas pokok dan fungsinya. (*)