Lomba Masak Ikan Tingkat Jatim, Kab. Pasuruan dan Kab. Malang Jadi Jawara

110
Ketua Forikan Jatim dan Ketua Umum Forikan memberikan tropi kepada para juara lomba masak ikan tingkat Prov. Jatim. Foto: Ulviyatun Ni'mah.

Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Jatim menggelar lomba masak ikan tingkat Jatim. Digelar di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (11/7), lomba yang digelar bersamaan dengan pertemuan Forikan ini diikuti 36 kabupaten/kota. Kab. Bojonegoro dan Kota Kediri absen mengikuti lomba ini karena sedang bersiap mengikuti lomba masak ikan tingkat nasional.

Ketua Forikan Jatim Arumi Emil Dardak mengatakan, lomba ini merupakan ajang bergengsi bagi kabupaten/kota di Jatim. Melalui lomba ini, kabupaten/kota dapat unjuk gigi dalam mengolah ikan menjadi menu makanan yang lezat, bergizi, dan tentunya menggoda selera.

“Saya berharap melalui lomba ini dapat tercipta berbagai masakan berbahan dasar ikan yang enak, lezat, sehat, serta dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga,” ungkap Arumi.

Ketua TP PKK Provinsi Jatim itu juga berharap ajang ini dapat memunculkan wirausahawan baru yang bergerak dalam usaha masakan dari ikan.

Dimulai sejak pukul 7 pagi, para peserta lomba masak yang merupakan Pokja III TP PKK masing-masing kabupaten/kota berlomba-lomba menyajikan menu unggulan berbahan dasar ikan. Indikator yang menjadi tolok ukur penilaian adalah kreativitas atau inovasi, penyajian, cita rasa, higienitas dan aman dikonsumsi, serta nilai gizi.

Usai dilakukan penilaian, dewan juri yang berasal dari kalangan chef profesional memutuskan 10 pemenang yang terbagi dalam dua kategori, kategori menu balita dan kategori menu keluarga. Dalam kategori menu balita, perwakilan dari Kab. Malang berhasil menjadi juara I. Disusul selanjutnya Kab. Sampang sebagai juara II, Kab. Situbondo sebagai juara III, Kab. Trenggalek juara harapan I, dan Kab. Gresik sebagai juara harapan II.

Sementara dalam kategori menu keluarga, delegasi dari Kab. Pasuruan sukses menyabet predikat juara I, disusul selanjutnya Kab. Pamekasan di peringkat II, Kab. Tuban menempati posisi ketiga, juara harapan I diraih Kab. Probolinggo, dan juara harapan II diraih Kab. Tulungagung. (uul)