Masyarakat Antusias Ikuti Pembebasan Sanksi Administratif PKB

147
BUKAN HOAKS. Info grafis yang banyak beredar lewat media sosial ini bukanlah hoaks, seperti yang disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (18/9/2019)

Masyarakat tampak antusias mengikuti program pembebasan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor (PKB) tahun 2019 yang dilakukan Pemprov Jatim. Hal itu tampak pada hari pertama pelaksanaan program tersebut. Antrean panjang terjadi di beberapa Kantor Samsat dan layanan samsat keliling di wilayah Jatim. Antara lain di di Kantor Samsat Surabaya Barat, Nganjuk, serta layanan samsat keliling di Sidoarjo dan Bondowoso.

Di Kantor Samsat Surabaya Barat sendiri sampai dengan pukul 11.00 WIB Senin (23/9), terlihat lebih dari 100 antrean. “Walaupun di beberapa tempat terdapat antrean panjang tapi pelaksanaan program pembebasan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor di hari pertama ini relatif lancar. Antrean panjang ini menjadi gambaran betapa masyarakat Jatim sangat antusias terhadap kebijakan ini. Saya harap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Senin (23/9).

Baca Juga  Selamat! 6 Inovasi Kesehatan Jatim Masuk 10 Besar INDOHCF Award III 2019

Dia mengatakan, meskipun pelaksanaan kebijakan pembebasan sanksi administratif PKB ini dilaksanakan sejak 23 September hingga 14 Desember 2019, dirinya meminta masyarakat tidak melakukan pengurusan di minggu-minggu terakhir. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan antrean di hari-hari terakhir pengurusan.

“Saya harap masyarakat tidak menunda-nunda pengurusan karena biasanya di akhir-akhir waktu tersebut antrean menumpuk, walaupun kami juga sudah menyiapkan layanan tambahan,” katanya.

Menurutnya, masyarakat Jatim dapat melakukan pengurusan Pembebasan Sanksi Administratif PKB ini melalui 46 kantor samsat induk yang tersebar di seluruh wilayah Jatim. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan pembayaran melalui 16.900 gerai minimarket Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Artinya kendaraan yang berada di Jatim bisa dibayar melalui gerai indomaret di seluruh Indonesia. Misal kendaraannya di Surabaya tapi pemiliknya sedang berada di Medan, mereka bisa melakukan pembayaran di Indomaret Medan. Ini mudah, murah, dan sah menurut legalitas dari Polda Jatim,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Baca Juga  Sebulan, Tambah Koleksi Lima Penghargaan

Program Pembebasan Sanksi Administratif PKB ini merupakan kado hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2019 mendatang. Obyek layanan bebas pajak daerah yang dibebaskan meliputi pembebasan sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), pembebasan pokok Bea Balik Nama (BBN) II dan seterusnya. (uul, hms)