Melalui Pameran, Fasilitasi Perajin dan Promosikan Produk

203

Dekranasda Jatim terus berusaha memfasilitasi para perajin di Provinsi Jawa Timur. Salah satunya melalui Pameran Kriya Dekranasda dan Batik Bordir Aksesoris Fair 2020 Jawa Timur.

Pameran tersebut adalah salah satu upaya dari berbagai program Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Prov Jawa Timur dalam memfasilitasi perajin binaan Dekranasda kabupaten/kota guna mempromosikan dan memasarkan produk unggulannya.

Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, di sela-sela Pameran Kriya Dekranasda dan Batik Bordir Aksesoris Fair 2020 Jawa Timur di Surabaya (4/3) mengatakan, tidak hanya di bidang promosi dan pemasaran, Dekranasda Jatim juga fokus pada peningkatan kualitas  SDM. Juga peningkatan kualitas produk fasilitasi akses permodalan, fasilitasi sertifikasi HAKI bagi perajin bersinergi dengan Pemprov Jatim.

Selain pameran, juga digelar lomba fashion show busana batik bagi Dekranasda kabupaten dan kota dengan tema ‘Membumikan Batik Jawa Timur melalui Upaya Pemberdayaan Generasi Muda Perajin Batik Jawa Timur’.

Baca Juga  Arumi Juga Pimpin Dekranasda dan Perwosi Jatim
Arumi Bachsin Emil Dardak saat  membuka pameran yang ditandai dengan memukul gong (foto atas) dan foto bersama usai pembukaan.

Diharapkan dari kegiatan tersebut dapat menggali ide kreatif perajin batik kabupaten/kota dalam rangka memperkenalkan motif batik khas Jawa Timur. Meningkatkan regenerasi para perajin batik, meningkatkan kecintaan dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya batik, meningkatkan promosi batik khususnya batik bernuansa kearifan lokal yang semakin luas dikenal baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dekranasda Jatim diharapkan mampu menjadi organisasi andal dalam mengembangkan visi dan misi organisasi, baik dari sisi program dan penggunaan teknologi informasi serta bersinergi dengan Dekranas dan Dekranasda kabupaten dan kota se-Jatim, sehingga dapat menjadi salah satu pilar perekonomian daerah.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin oleh Dekranasda Jatim setiap dua tahun sekali. Pameran pada tahun 2020 merupakan penyelenggaraan yang ke-15. Gelar Kriya Dekranasda 2020 merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-40 Dekranas.

Baca Juga  Dekranasda Bertekad Kembangkan Kerajinan Berbasis Nilai Budaya

Pameran yang digelar 4-8 Maret itu kerjasama Dekranasda Jatim dengan PT Debindo Mitratama, yang merupakan pameran batik beserta aneka produk fashion terbesar di wilayah Indonesia bagian timur. (*)