Hilangkan Penat di Taman Wisata Genilangit (2)

Membangun Desa dengan Budaya dan Wisata

18

Salah satu bentuk semangat elemen desa dalam mengembangkan potensi desa wisata ialah dengan mengemas agenda bersih desa bertajuk ‘Festival 1000 Tumpeng’ secara semarak. Di Bulan September 2018 lalu, agenda ini berlangsung kedua kalinya. Masyarakat sampai membuat 12 tumpeng raksasa dan lebih dari seribu tumpeng tradisional. Selain itu, gunungan hasil bumi juga tak terlewat mereka tampilkan.

Tumpeng-tumpeng itu diarak dari balai desa menuju Taman Wisata Genilangit. Festival ini digelar, tak lain sebagi bentuk upaya pemerintahan desa dalam menjaga warisan budaya serta usaha dalam mengembangkan sektor pariwisata. “Acara ini berlangsung meriah, dihadiri pak Bupati. Tumpeng yang disuguhkan itu hasil swadaya masyarakat,” terang Supardi, Kepala Desa Genilangit.

Ia menuturkan, kini, desa yang dipimpinnya memiliki icon desa berupa wisata. Guna menjaga keberlangsungan itu, salah satu caranya, lanjut dia, adalah dengan mempromosikan potensinya lewat agenda seperti Festival 1000 tumpeng tersebut. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mendongkrak pembangunan di desanya.

Hal itu akan berimbas pada motor penggerak ekonomi warga sekitar yang juga akan terus berputar dan masyarakat luas pun akan semakin takjub dengan apa yang dimiliki Desa Genilangit. “Saya berharapnya begitu. Semoga mampu mengangkat dan menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (fan, dbs)

Sejenak Lari dari Hiruk Pikuk Perkotaan