Menang Pilkades, Mantan Sekjen AKD Jatim Kembali Pimpin Desa Bono

265
JABAT KADES LAGI. Moch. Moezamil, mantan Sekjend AKD Jatim dipastikan akan menjabat kades lagi untuk periode ketiga. Itu setelah ia memenangi Pilkades Bono, Selasa (9/7) kemarin.

Pilkades serentak di Kabupaten Tulungagung yang digelar Selasa (9/7) kemarin, membuat Moch. Moezamil, mantan Sekjend Asosiasiasi Kepala Desa (AKD) Jatim bisa tersenyum lebar. Itu karena dongkol (mantan kades) dua periode ini berhasil memenangi Pilkades di desanya, Bono.

Dari hasil rekapitulasi suara Pilkades di Desa Bono Kecamatan Boyolangu, Moezamil yang bertarung dengan tiga rivalnya berhasil meraih dukungan sebanyak 1.579 suara atau sekitar 49,51 persen. Calon kades (Cakades) nomor urut 1 ini unggul dengan selisih 234 suara atas rival kuatnya, Yasin, yang juga calon petahana.

Yasin, cakades bernomor urut 2 akhirnya harus puas dengan perolehan suara sebanyak 1.345 atau sekitar 42,18 persen. Sedang dua cakades lainnya, Endro Bambang S (Cakades nomor urut 3) dan Ibnu Kusen (cakades nomor urut 4), masing-masing hanya mendapat 38 suara (1,19%) dan 227 suara (7,12%).

Dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebanyak 3.788 jiwa, angka partisipasi dalam Pilkades Bono terbilang cukup tinggi, yakni, sebanyak 3.218 jiwa atau sekitar 84,95 persen. Dari jumlah partisipasi itu, hanya 29 suara yang dinyatakan tidak sah.

Dalam Pilkades kemarin, persaingan antara Moezamil dan Yasin memang terlihat cukup sengit. Itu lantaran keduanya pernah bertarung dalam Pilkades sebelumnya. Hanya saja, kala itu dari pihak Moezamil yang macung diwakili istrinya, Siti Kudliyah.

Dari peta dukungan di 6 TPS yang ada kemarin, dua mantan kades ini juga sama-sama memenangi 3 TPS. Yasin, calon petahana unggul di TPS 01, 02 dan 06. Sedangkan Moezamil menang di TPS 03, 04 dan 05. Khusus di TPS 06, selisih kemenangan Yasin sangat tipis hanya berselisih 4 suara saja.

Dengan keunggulan total suara yang diraih, maka Moezamil dipastikan akan kembali memimpin Desa Bono untuk periode 2019-2025. Dengan kemenangan itu pula, pria kelahiran Malang, 17 April 1963 ini akan menjabat sebagai Kades Bono untuk yang ketiga kalinya.

Atas kemenangan itu, Moch.Moezamil mengaku sangat bersyukur dan siap mengabdikan diri demi kemajuan Desa Bono. Hal itu sebagaimana visi yang telah ditetapkannya saat macung Pilkades kemarin, yakni, Perubahan Menuju Desa yang Lebih Baik.

‘’Mohon doa restunya.. Semoga bisa mengemban amanah warga dengan baik dan bisa membawa perubahan yang lebih baik ,’’ harapnya singkat. (yus)