Menghilangkan Bau Kaki

309

Ada banyak cara untuk bisa tampil rapi dan mengesankan. Tapi itu akan terasa ‘cacat’ ketika bau terasi menyerang. Yaps, bau pada kaki bisa merusak total dandanan yang telah dilakukan. Tapi jangan khawatir, karena banyak pula solusi untuk mengusir si bau tersebut. Ikuti beberapa tips berikut:

1. Menaburkan Baking Soda
Bukan cuma untuk membuat adonan kue mengembang, baking soda juga bisa menetralisir bau sepatumu. Caranya mudah. Setelah kamu pakai, taburkan sedikit serbuk baking soda ke dalam sepatumu. Biarkan sampai semalaman dan bersihkan sebelum kamu pakai besok pagi. Serbuk-serbuk baking soda itu akan menyerap bau sepatumu.

2. Menggunakan Teh dan kopi
Selain dipakai untuk membuat minuman, teh dan kopi juga bisa dipakai untuk pewangi sepatu. Untuk teh, kamu bisa merendam kantong teh celupmu selama lima menit. Setelah dingin, masukkan kantong teh ke dalam sepatu dan biarkan sampai semalaman. Sedangkan kopi, kamu bisa menarik serbuk kopi bekas ataupun dari dalam tisu, dan simpan dalam sepatumu semalaman.

3. Pakai bedak bayi
Saat dibungkus dengan sepatu, kaki akan kekurangan udara dan gerah lantas berkeringat. Keringat inilah yang menyebabkan kondisi lembab pada sepatu dan akhirnya mengundang bakteri-bakteri penyebab bau. Karena itu, terutama kamu yang sering berkeringat berlebih, pakailah bedak bayi pada kaki, yang akan mengurangi sekaligus menyerap keringat kakimu. Kamu bisa memakainya sebelum memakai sepatu. Bila kamu memakai sepatu sepanjang hari, ada baiknya juga kamu menaburkan sediki bedak bayi setiap kali kakimu mulai berkeringat.

4. Menggunakan Koran bekas
Bungkus sepatumu dengan koran sampai ke dalam-dalamnya, dan diamkan sampai semalam. Bahan kertas koran itu bisa menyerap bau sepatumu. Jadi, kalau kamu punya koran kemarin yang sudah tuntas dibaca, jangan dibuang dulu ya!

5. Semprotkan pewangi/cuka
Menyemprotkan pewangi juga akan membantumu mempertahankan aroma sepatu. Setelah kamu pakai, semprotkan sedikit pewangi ke dalam sepatu. Tapi kalau kamu tidak punya pewangi, kamu juga bisa menggunakan cuka. Campur cuka dengan air dalam botol spray dan semprotkan.

6. Menggunakan cat litter
Satu lagi bahan yang bisa menyerap aroma sepatu adalah cat litter atau pasir kucing. Ambil sedikit cat litter yang belum terpakai untuk ditaburkan ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Besoknya saat kamu bersihkan, aroma sepatumu pasti membaik.

7. Jangan malas pakai kaus kaki
Sebisa mungkin hindari memakai sepatu yang sama tiga hari berturut-turut. Sepatu juga butuh bernapas. Juga, jangan malas pakai kaos kaki. Dengan kaos kaki, keringat di kakimu akan lebih cepat diserap, sehingga tidak membuat sepatu jadi lembab.
Meski sepele, masalah sepatu bau ini bisa menjadi masalah besar. Apalagi kalau kamu harus menghadiri acara yang konsepnya lesehan, alias harus buka sepatu. Sepanjang acara bisa-bisa kamu merasa cemas dan malu kalau orang lain mencium aroma sepatumu yang sungguh tak menggugah selera. Dengan cara-cara sederhana di atas, bau tak sedap dari sepatumu bisa diminimalisir. Kamu pun bisa percaya diri sepanjang waktu.