Menuju Smart Village, Desa Melirang Hadirkan SI-PENCET

394
Wabup Gresik Moh Qosim didampingi Kades Melirang Muaffaq bersiap meresmikan SI-PENCET.

INOVASI desa terbaru sebagai wujud penerapan smart village kini hadir dari Desa Melirang, Kec. Bungah, Kab. Gresik. Pelayanan berbasis teknologi itu oleh Pemerintah Desa (Pemdes) diberi nama SI-PENCET, Sistem Pelayanan Cepat Efektif Terukur.

Hari Kamis (4/4), pelayanan online ini berhasil dilaunching. Dalam proses peresmiannya, Pemdes mendatangkan Wakil Bupati Gresik Moh Qosim di Balai Desa Melirang. Warga pun beramai-ramai hadir menyaksikan.

Wabup Qosim sangat mengapresiasi hadirnya inovasi tersebut. Kehadirannya, kata dia, sangat membantu masyarakat, terutama dalam mengurus surat-surat. “Ini baru pertama di Gresik, bahkan di Jawa Timur,” tuturnya bangga.

Kades Melirang memaparkan inovasi terbaru di desanya.

Kepada Derap Desa, H M Muwaffaq Sag Msi, Kades Melirang menyampaikan, SI PENCET ini akan menjadi pelayanan yang lebih cepat dari pelayanan biasanya. Warga cukup datang dan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di layar sentuh, kebutuhan surat langsung keluar dan bisa dicetak. Setelah itu tinggal ditanda tangani.

Baca Juga  Demi Tingkatkan Disiplin Kinerja, Desa Blongko Terapkan Presensi Elektronik

Inovasi tersebut muncul dari inisiatif Muaffaq dan Pemdes lainnya. Sebelum dilaunching, beberapa hal yang dibutuhkan disiapkan selama sekitar 1,5 bulan. Dan kini, masyarakat Desa Melirang sudah bisa memanfaatkannya. “Kurang lebih pelayanan nggak sampai satu menit, mas,” ujarnya meyakinkan.

SI-PENCET memiliki dua alternatif. Yaitu; Pesilat dan Pesona. Pesilat artinya pelayanan sistem layar sentuh dan Pesona artinya pelayanan sistem online android. Pesilat diperuntukkan bagi warga yang datang ke balai desa. Sedang Pesona diperuntukkan bagi warga yang ingin mengurus keperluan dimana saja dan kapan saja. Adapun aplikasinya bisa diunduh dengan nama ‘Peken’.

Antusias warga saat launching SI-PENCET

Guna menyetarakan pemahaman inovasi tersebut, kedepan pihaknya akan melakukan rangkaian sosialisasi kepada seluruh masyarakat Desa Melirang. Menurutnya, manfaat dari layanan ini nanti akan cukup terasa di masyarakat.

“Saya berharap, inovasi ini bisa mempermudah pelayanan administrasi masyarakat. Masyarakat tidak perlu terlalu lama dan ribet lagi. Artinya, dengan satu sentuhan sudah selesai. Poinnya seperti itu,” pungkasnya. (fan)

Baca Juga  Jatim Dinilai Berhasil Bina KIM