Ngringinrejo Gelar Festival Belimbing

75

Gunungan belimbing setinggi 6 meter dengan berat 1,2 ton diperebutkan pada Festival Belimbing ke-4 Tahun 2017 yang digelar warga Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Desa Ngringinrejo merupakan agrowisata belimbing di wilayah Bojonegoro.

Selain gunungan besar juga ada tiga gunungan kecil yang diarak mulai dari pintu parkir dua sebelah barat lokasi agrowisata belimbing menuju lokasi festival atau di rest area pintu parkir satu. Dalam arak-arakan ini juga ada aneka palawija hasil pertanian dan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah memberi sumber daya alam yang sangat luar biasa.

Setelah diarak diperebutkan warga yang hadir menyaksikan festival ini yang sebelumnya diawali dengan ritual belimbing oleh sesepuh desa Mbah Zaenuri. Selanjutnya janur kuning yang sudah didoakan dililitkan di pohon yang dijadikan pohon induk oleh seluruh petani.

Festival tahunan ini dihadiri Bupati Bojonegoro, Suyoto bersama istri, Mahfudhoh Suyoto dan undangan lain. Pak Cip petani belimbing Desa Ngringinrejo, menyambut baik festival ini karena agrowisata belimbing semakin dikenal orang luar Bojonegoro.

Kepala Desa Ngringinrejo, Imam Syafi’i menjelaskan, festival belimbing keempat ini dikemas berbeda. Tahun ini ada tanaman jambu air dan jambu merah yang kini mulai banyak ditanam di dusun. “Sekalian kita promosikan. Karena banyak masyarakat yang membudidaya jambu air dan jambu merah,” ujarnya. (boe)